212 Hotel dan 783 Restoran Terima Dana Hibah Pariwisata Rp1 Juta Sampai Rp2 Miliar

212 Hotel dan 783 Restoran Terima Dana Hibah Pariwisata Rp1 Juta Sampai Rp2 Miliar
Ilustrasi hotel. ©2012 Shutterstock/Adam Gryko
UANG | 3 Desember 2020 19:07 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Sebanyak 212 hotel dan 783 restoran di Kota Surabaya, Jawa Timur, dinyatakan lolos verifikasi dan dianggap laik menerima dana hibah pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. Dana hibah ini sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang bertujuan untuk meringankan beban industri hotel dan restoran selama pandemi Covid-19.

"Hibahnya berupa uang yang diserahkan ke rekening pemilik hotel dan restoran secara langsung," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti, seperti dikutip dari Antara seusai kegiatan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan perwakilan hotel dan restoran di lantai 2 Mal Pelayanan Publik Siola, Surabaya, Kamis (3/12).

Menurut Antiek, jumlah dana yang diterima setiap hotel dan restoran secara proporsional besarannya tergantung dari jumlah pajak yang dibayar ke daerah sejak 2019.

"Masing-masing berbeda, ada perhitungan yang dihitung dari pusat kontribusi besaran mereka membayar pajak. Ada yang Rp1 juta, ada pula sampai Rp2 miliar lebih," katanya.

Menurut Antiek, dana hibah pariwisata ini sebagai salah upaya pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional. Sebab, kata dia, salah satu industri usaha yang terdampak pandemi COVID-19 ini adalah hotel dan restoran. "Sehingga hotel dan restoran diberikan insentif. Karena ketika pandemi, usaha hotel dan restoran banyak yang tidak hidup," katanya.

Baca Selanjutnya: Syarat Pengusaha Penerima Dana Hibah...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami