26 Pengisian Baterai Kendaraan Listrik Bakal Dipasang di Mal dan Fasilitas Umumnya

UANG | 9 Oktober 2019 19:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) akan mengoperasikan 26 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang akan ditempatkan pada pusat perbelanjaan dan fasilitas umum di Jakarta‎. Hal ini untuk mendukung pengembangan kendaraan listrik di Tanah Air.

General ‎Manager PLN Disjaya, M Ikhsan Asaad mengatakan, 26 SPKLU yang dibangun PLN Disjaya terdiri dari 22 unit SPKLU pengisian normal, 3 unit pengisian cepat dan 1 unit pengisian sangat cepat. Rencananya, akan dioperasikan pada 27 Oktober 2019.

"Kita mulai SPKLU 27 Oktober ini. Kita akan launching besar-besaran. Tadi ada 22 charging station, 3 fast charging, 1 ultra fast charging‎," kata Ikhsan, di Jakarta, Rabu (9/10).

Menurut Ikhsan, SPKLU akan ditempatkan pada pusat perbelanjaan dan ‎fasilitas umum di Jakarta. Biaya yang dikeluarkan untuk investasi pengadaan 3 unit SPKLU pengisian daya cepat dan 1 unit pengisian daya sangat cepat sebesar Rp 6 miliar, uang tersebut berasal dari kas internal PLN Disjaya.

‎"Normal charging di mal-mal. kalo di mal tidak usah cepat-cepat lah. orang-orang kan di mal 2-3 jam," tuturnya.

Ikhsan mengungkapkan, PLN juga sudah membuka‎ kesempatan bagi pihak swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk ikut berbisnis menjual listrik melalui SPKLU.

Ikhsan mengungkapkan, dengan pengoperasian SPKLU, PLN Disjaya ‎siap menyukseskan ajang balap mobil listrik E-Formulla di Jakarta, untuk pasokan listrik Jakarta pun sudah mampu memenuhi kebutuhan listriknya.

"Tapi secara kapasitas kita cukup, lebih dari cukup, di Jakarta," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
4 Faktor Gagalnya Mobil Otonom, Teknologi yang Tak Akan Pernah Ada?
Larangan Ekspor Nikel jadi Momentum Bangun Industri Baterai Mobil Listrik di RI
Jerman Tertarik Kembangkan Kendaraan Listrik di Indonesia
Guru Besar UI Bilang Kehadiran Motor dan Mobil Listrik Ancam Bisnis Pertamina
VIDEO: Toyota CH-R Hybrid Taklukkan Taman Nasional Baluran

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT