3 Budaya Rahasia Alibaba Kelola Keberlanjutan Megabisnis Bernilai Rp 10.268 Triliun

3 Budaya Rahasia Alibaba Kelola Keberlanjutan Megabisnis Bernilai Rp 10.268 Triliun
UANG | 12 Agustus 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Budaya perusahaan menjadi aspek vital dalam pertumbuhan bisnis di masa mendatang. Menurut salah satu pendiri Alibaba Group, Joe Tsai, terdapat tiga budaya yang dia yakini berperan penting dalam membangun perusahaannya yang bernilai USD 697 miliar atau setara Rp 10.268 triliun itu.

Dilansir dari CNBC, Joe Tsai, menegaskan bahwa 3 budaya tersebut bisa turut dijadikan visi, misi, dan nilai Alibaba.

"Di Alibaba, budaya adalah kepemilikan misi. Ada alasan bagi perusahaan untuk terus beroperasi selain hanya menghasilkan keuntungan," ujar Tsai.

Kedua, Anda membangun visi untuk masa depan. "Anda ingin perusahaan menjadi apa? Di mana Anda ingin perusahaan berada? Dan itu bisa menjadi target lima tahun atau sepuluh tahun perusahaan," lanjutnya.

Ketiga adalah nilai. Apa nilai-nilai yang Anda jalani. "Bagaimana Anda ingin karyawan Anda berperilaku di dalam dan di luar kantor? Tiga hal di Alibaba ini membentuk budaya kami."

Sejak didirikan pada 1999, bisnis Alibaba kini telah menggurita. Meski telah menjadi bisnis raksasa, misi Alibaba tetap sama. "Memberi kemudahan bisnis kapanpun. Membantu masyarakat kecil," ungkap Tsai.

Baca Selanjutnya: Bangun Budaya Secara Masif Ketepatan...

Halaman

(mdk/bim)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami