3 Jenis Investasi Ini Cocok untuk Jangka Pendek

3 Jenis Investasi Ini Cocok untuk Jangka Pendek
6 jenis investasi yang cocok untuk pemula. unsplash.com ©2020 Merdeka.com
EKONOMI | 10 Februari 2021 14:16 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Investment Story Teller Felicia Putri Tjiasaka merekomendasi tiga saham yang cocok dilakukan apabila ingin mendapatkan keuntungan untuk jangka pendek. Investasi jangka pendek tentunya memiliki resiko yang lebih sedikit dibanding jangka panjang.

"Pilih investasi sesuai dengan tujuan. Untuk tujuan jangka pendek misalnya tahun depan mau menikah, jangan meletakkan dana tabungan ke saham," ujar Felicia dalam diskusi ORI19 secara daring, Jakarta, Rabu (10/2).

Felicia mengatakan, untuk kebutuhan jangka pendek seperti menikah, liburan tahun depan dan alokasi dana darurat cocoknya diinvestasikan ke reksadana pasar uang. Kemudian, bisa juga ke deposito serta tabungan Obligasi Ritel Negara seperti ORI19.

"Letakkan pada investasi yang bisa menghasilkan dalam waktu satu tahun. Yaitu reksadana pasar uang, deposito, tabungan ORI juga bis. Karena ORI, dua bulan setelah dibeli bisa diperdagangkan. Semakin pendek mimpi dan tujuan harus letakkan di yang lebih pendek resiko nya, makin panjang makin berisiko," katanya.

Felicia juga merekomendasikan beberapa investasi uang cocok dilakukan untuk jangka panjang dan menengah. Setiap investasi yang direkomendasikan tentunya harus disesuaikan dengan tujuan dan karakter diri masing-masing investor.

"Mimpi kita jangka menengah 1 sampai 5 tahun cocoknya reksadana pendapatan tetap, obliasi negara, emas dan peer to peer landing. Kalau lebih dari 5 tahun cocoknya saham, reksadana saham, property, bisnis dan peer to peer landing," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Pahami Dua Hal Ini Agar Investasi Cuan
Pemerintah Andalkan Proyek Ibu Kota Baru Tarik Investasi Usai Pandemi
BI Prediksi Investasi Asing Masuk RI Tahun ini Terbesar Kedua Dunia Setelah China
Bappenas: Butuh Investasi Rp5.912 Triliun untuk Kejar Pertumbuhan Ekonomi 5,5 Persen
IHSG Dibuka Menguat, ini Sejumlah Saham Rekomendasi Beli
Ridwan Kamil Ajak India Berinvestasi di Jawa Barat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami