3 Kesalahan Kerap Dilakukan Pengusaha Pemula

3 Kesalahan Kerap Dilakukan Pengusaha Pemula
Kios Jakpreneur. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho
EKONOMI | 17 September 2021 08:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Belum pengusaha namanya bila tidak merasakan manis pahit berjuang meraih sukses. Jatuh bangun wajar terjadi saat awal-awal membangun bisnis. Namun kegagalan bukan berarti dunia berakhir. Setiap kali jatuh, harus siap bangkit dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

CMO PT Harapan Bangsa Kita dan Co-Founder Sang Pisang & Ternakopi Ansari Kadir, Anton Hermawan Sugondo, Founder dan Owner Panama Sandals, dan Raymond Chin, CEO & Co-Founder Ternak Uang, berbagi kisah pasang surut bisnis serta strategi merancang manajemen risiko untuk meminimalisir kegagalan dalam berbisnis.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, Eka Nilam Sari mengungkapkan, sejalan dengan upaya ShopeePay untuk mendukung berbagai bisnis di Indonesia bertumbuh bersama, perusahaan memahami bahwa tak sedikit pelaku bisnis yang mengalami kegagalan terutama di masa-masa awal mereka merintis bisnisnya.

"Itulah sebabnya di episode ShopeePay Talk kali ini, kami bersama dengan para narasumber inspiratif ingin mengupas tuntas strategi menghadapi situasi pasang surut bahkan kegagalan dalam dunia bisnis," katanya, Jakarta, ditulis Jumat (16/9).

Meskipun kegagalan bisnis tak terelakkan, perusahaan ingin mendorong para pebisnis pemula untuk mencoba meminimalisir kegagalan tersebut dengan mengkaji kembali kesalahan umum dalam berbisnis dan merancang strategi untuk mengantisipasinya.

Dalam menjalankan bisnis, usaha untuk mencapai kesuksesan berbisnis memang bukanlah hal yang mudah. Jam terbang dalam menjalani bisnis terkadang juga tidak dapat menjadi sebuah jaminan kesuksesan.

Para pebisnis dengan jam terbang tinggi sekalipun tidak bisa luput dari situasi pasang surut maupun risiko kegagalan berbisnis. Belajar dari kesalahan para pebisnis lainnya adalah salah satu upaya efektif yang dapat dilakukan para pebisnis pemula agar mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama dalam bisnis mereka.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan umum dalam berbisnis yang dapat dihindari oleh para pebisnis pemula.

Baca Selanjutnya: 1 Ingin Meraih Sukses Secara...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami