3 Strategi Perkuat Pengembangan Ekonomi Syariah di Era Digital

3 Strategi Perkuat Pengembangan Ekonomi Syariah di Era Digital
UANG | 29 Oktober 2020 19:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Sugeng, mengatakan ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk memperkuat perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di era digital. Salah satunya adalah melalui peningkatan kerjasama.

"Setiap negara memiliki keunggulan dan potensi ekonominya masing-masing. Untuk itu, perlu dibangun kerjasama yang saling menguntungkan antar negara," kata dia dalam acara ISEF, Kamis (29/10).

Pemanfaatan kerjasama menjadi penting dilakukan agar keunggulan satu negara bisa saling dimanfaatkan. Beberapa kerjasama yang bisa dilakukan antara lain, rantai nilai halal internasional, layanan pembayaran lintas batas timbal balik, dan masih banyak lagi lainnya.

"Langkah kedua adalah kolaborasi. Seiring dengan digitalisasi yang sedang berlangsung, kami juga menyadari bahwa risiko dunia maya perlu ditangani dengan baik," sebutnya.

Dalam kaitan tersebut, kolaborasi antar negara dalam bentuk cyber security sharing platform memang penting. Apalagi di tingkat kawasan, negara-negara ASEAN telah menginisiasi ASEAN CRISP (Cybersecurity Resilience and Information Sharing Platform).

"Inisiatif serupa ini dapat dibawa ke tingkat yang lebih luas di antara negara-negara," imbuh dia.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami