30 Persen Penerbangan Dibatalkan Imbas Kebakaran Hutan dan Lahan

UANG | 17 September 2019 10:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sebanyak 30 persen penerbangan udara tercatat dibatalkan imbas dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kalimantan dan Sumatera. Meski demikian, dia mengklaim persentase pembatalan penerbangan udara tidak signifikan.

"Yang cancel itu sebenernya tidak signifikan, sekitar 20-30 persen," tuturnya di Gedung Kementerian Perhubungan, Selasa (17/9).

Dia menambahkan, terdapat tiga bandar udara (bandara) yang mengalami dampak terburuk dari insiden karhutla tersebut. Ketiga bandara tersebut berada di daerah Kalimantan Barat (Kalbar).

"Dampak yang paling besar di Kalbar. Ada di 3 bandara di Pontianak, Ketapang, dan Sambas," ujarnya.

Pihaknya pun terus mengimbau pihak maskapai agar mengedepankan praktik kehati-hatian pada seluruh maskapai penerbangan. "Safety nomor satu, feasibility kita akan informasikan kepada maskapai agar mereka berhati-hati," tegasnya.

1 dari 2 halaman

Garuda Indonesia Batalkan Penerbangan

Maskapai Garuda Indonesia kembali membatalkan 15 penerbangan di sejumlah sektor penerbangan domestik pada periode 16 September 2019 hingga 19 September 2019 mendatang. Selain pembatalan penerbangan tersebut, Garuda Indonesia juga turut melakukan penyesuaian schedule ke sejumlah penerbangan yang terdampak.

"Dampak kabut asap terhadap kondisi operasional penerbangan tersebut juga telah kami antisipasi melalui upaya mitigasi penanganan penerbangan yang terdampak termasuk penanganan penumpang," kata Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, M.Ikhsan Rosan.

Selain melakukan pembatalan penerbangan, pada hari ini (16/9) Garuda Indonesia juga turut mengalihkan penerbangan pada nomor penerbangan GA 580 dan GA 582 Rute Jakarta – Samarinda yang dialihkan ke Balikpapan.

Dengan situasi ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan (reschedule). Selain itu, penumpang juga diberikan pilihan untuk melakukan reroute atau melakukan refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

2 dari 2 halaman

Lion Air Batalkan Penerbangan

Selain Garuda Indonesia, Lion Air juga telah membatalkan penerbangan pada Jumat (13/9) lalu akibat kabut asap. Di mana 33 penerbangan delay, satu penerbangan ditunda dan 20 penerbangan terpaksa dibatalkan.

"Penerbangan terkena dampak cuaca buruk akibat kabut asap," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro.

Danang menerangkan, untuk memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan, Lion Air Group memutuskan untuk membatalkan penerbangan, menunda keberangkatan, dan keterlambatan di beberapa kota yang terlayani penerbangan domestik.

Delay penerbangan dan pembatalan penerbangan, di antaranya terjadi di Bandara Kuala Namu Medan (KNO), Bandara Hang Nadim Batam (BTH), Pekanbaru (PKU). Sedangkan di Kalimantan seperti di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda (AAP), Bandara Supadio Pontianak (PNK), Bandara Juwata Tarakan (TRK), hingga Bandara Kalimarau di Berau (BEJ).

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Kabut Asap Tebal, Garuda Indonesia Batalkan 15 Penerbangan
Akibat Kabut Asap, Wings Air di Pekanbaru Batal Terbang ke Dumai
Samarinda Dikepung Asap, Lion Air Pindahkan 23 Rute Penerbangan ke Balikpapan
Daftar Ratusan Penerbangan Lion Air yang Batal & Delay Gara-gara Kabut Asap
Kabut Asap di Sumatera & Kalimantan, 20 Penerbangan Lion Air Grup Dibatalkan
Menhub Budi Akui Transportasi Udara di Riau Terganggu Kabut Asap