3,36 Juta Peserta CPNS Lolos Seleksi Administrasi, Cek Jadwal Tes SKD

3,36 Juta Peserta CPNS Lolos Seleksi Administrasi, Cek Jadwal Tes SKD
UANG | 13 Januari 2020 13:20 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) telah merampungkan proses seleksi administrasi perekrutan CPNS. Perekrutan ini diikuti 4.197.218 peserta yang mendaftar dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengabarkan, dari 4,1 juta peserta tersebut, sekitar 3,3 juta orang dinyatakan lulus seleksi administrasi, untuk kemudian bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Data dari SSCASN BKN 4.197.218 calon peserta telah melakukan pendaftaran. Sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi," ujar Tjahjo di Jakarta, Senin (13/1).

Dia menjelaskan, jumlah peserta tersebut menunjukan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS. Nantinya, tes SKD CPNS akan digelar pada akhir Januari hingga Februari mendatang dengan mengenakan ujian berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT).

"Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dimulai 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer. Materi SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)," paparnya.

1 dari 2 halaman

22 Instansi Belum Umumkan Kelulusan Seleksi Administrasi

belum umumkan kelulusan seleksi administrasi

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan, hingga Senin (23/12), terdapat 22 instansi yang belum mengumumkan hasil kelulusan seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Sedangkan, ada 487 instansi yang telah menampilkan pengumuman kelulusan CPNS pada portal sscn.bkn.go.id.

Satu instansi diantaranya telah memasuki tahap Final Verifikasi Pertama. "Masih ada 22 instansi yang belum mengumumkan," terang Pelaksana Tugas (Plt) Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com. Senin (23/12).

Paryono melanjutkan, sebanyak 22 instansi tersebut kini telah meminta perpanjangan waktu agar dapat merampungkan proses seleksi administrasi. Namun, dia belum bisa menyebutkan kapan batas waktu akhir pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS 2019.

"Yang 22 instansi ini sudah mengajukan perpanjangan waktu pengumuman (CPNS)," ungkap dia.

2 dari 2 halaman

Pelamar CPNS Diminta Mengecek Berkala

diminta mengecek berkala

Berdasarkan jadwal BKN, seluruh instansi yang berpartisipasi dalam perekrutan CPNS kali ini seharusnya sudah mengumumkan hasil seleksi administrasi dalam periode 12 Desember sampai 16 Desember 2019.

Dengan adanya ketelatan ini, para peserta pendaftaran CPNS 2019 diharapkan secara berkala memeriksa situs SSCN ataupun website resmi masing-masing instansi yang dilamar untuk mendapatkan update informasi terkait hasil pengumuman seleksi administrasi.

Adapun tahapan berikutnya usai seleksi administrasi, pelamar harus mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Rencananya, tes SKD akan berlangsung pada 27 Januari hingga 28 Januari 2020.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
CPNS 2019, 22 Instansi Tak Jua Umumkan Kelulusan Seleksi Administrasi
Gara-gara CPNS 2019, Bupati Jember Diinterpelasi DPRD
25 Formasi CPNS di Pemkab Sleman Tak Ada Pendaftar
Kocak, Panitia Umumkan Peserta yang Tak Lolos CPNS Pakai Pantun
Tak Ada Dokter Spesialis yang Berminat Jadi CPNS di Gunung Kidul
Berkas Tak Lengkap, 9.311 Peserta Tak Lolos Seleksi Administrasi CPNS DKI Jakarta

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami