4 Formasi ini Terbanyak Dibuka dalam Penerimaan CPNS 2019

UANG | 17 Oktober 2019 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah dikabarkan akan memulai proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 25 Oktober. Penentuan tes CPNS 2019 juga tidak harus menunggu pengangkatan menteri di kabinet Jokowi periode II nantinya.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), M. Ridwan, menyebutkan sekitar 140.000 dari 197.000 formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

"Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan," jelas Ridwan.

Ridwan menjelaskan bahwa tidak semua instansi negara akan membuka formasi. Terdapat 541 instansi pusat maupun daerah yang mendapat jatah formasi tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin berkata formasi teknis memang akan ditingkatkan pada penerimaan CPNS tahun ini. Untuk pengumuman seleksi CPNS tahun ini, Menteri Syafruddin menyebut pelaksanaan dibuka pada 25 Oktober mendatang.

1 dari 3 halaman

Proses Tak Bergantung Pengumuman Kabinet Baru

Pemerintah dikabarkan akan memulai proses perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 pada 25 Oktober. Lantas, kapan tes CPNS 2019 akan digelar?

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dirinya masih harus membicarakan itu bersama pihak terkait lainnya.

"Besok kita ada acara juga, nanti akan bicarakan itu," ujar dia singkat.

Dia pun menyatakan, penentuan tes CPNS 2019 tidak serta merta harus menunggu pengangkatan menteri PAN-RB terpilih. "Kita birokrasi jalan terus," serunya.

2 dari 3 halaman

Oktober Pengumuman, November Pendaftaran, Desember Tes Seleksi

Pemerintah akan mengumumkan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 pada minggu keempat Oktober ini. Selanjutnya, pendaftaran dimulai bulan November, dan seleksi dilakukan pada bulan Desember.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (Humas BKN), Mohammad Ridwan, mengemukakan total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen kali ini seluruhnya mencapai 197.111, dengan perincian untuk kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi.

"Namun angka-angka tersebut masih dalam tahap finalisasi," tulis Ridwan.

3 dari 3 halaman

108 Lokasi Tes Disiapkan untuk Seleksi CPNS 2019

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggandeng sejumlah instansi pusat dan daerah untuk mendukung pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Setidaknya ada 108 titik lokasi pelaksanaan tes CPNS di seluruh Indonesia.

Rencananya, seleksi lowongan CPNS akan dibuka pada Oktober tahun ini. "Mengenai titik lokasi, di mana BKN sudah menyiapkan 108 titik di seluruh wilayah Indonesia," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan dalam keterangannya, seperti dikutip Selasa (24/9).

BKN memprediksi jumlah pelamar CPNS dan P3K yang berlangsung secara serentak pada tahun ini bisa mencapai 5,5 juta orang.

Dia menuturkan, persiapan pelaksanaan rekrutmen ASN dari aspek infrastruktur kini tengah dimatangkan BKN. Ini selaku instansi penyelenggaraan seleksi CPNS secara nasional.

Adapun persiapan infrastruktur di antaranya mencakup sistem pendaftaran daring terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dan penyiapan fasilitas seleksi melalui Computer Assisted Test(CAT BKN).

Reporter: Tommy Kurnia Romy

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Proses Penerimaan CPNS 2019 Tak Perlu Menunggu Pelantikan Kabinet Baru
Siap-Siap, Penerimaan CPNS Dibuka 25 Oktober 2019
Pengumuman, Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai November dan Seleksi pada Desember
Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Simak Info Terbaru Termasuk Soal Jadwal Tes
Pemkab Bogor Usulkan 1.250 Formasi CPNS dan P3K
Aturan Baru, CPNS Kini Dapat Cuti Melahirkan Saat Masa Percobaan
Tengok, 4 Informasi Terbaru Tentang Penerimaan CPNS dan PPPK 2019