4 Strategi Pemerintah Jokowi Pulihkan Ekonomi Terdampak Pandemi Covid-19

4 Strategi Pemerintah Jokowi Pulihkan Ekonomi Terdampak Pandemi Covid-19
pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori
UANG | 23 November 2020 12:25 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Plt. Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti memastikan pemerintah berkomitmen penuh untuk mempercepat proses proses pemulihan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19. Tercatat ada empat strategi masif yang tengah dijalankan pemerintah.

"Memang pandemi Covid-19 ini membutuhkan resep khusus di masa ekonomi yang sulit ini. Namun, Pemerintah terus berupaya untuk mengatur ekonomi dan mempercepat akselerasi (pemulihan ekonomi)," ujarnya dalam webinar Unilever Kolaborasi dan Aksi Bersama Menuju Pembangunan Indonesia yang Berkelanjutan, Senin (23/11).

Pertama, mengedepankan kebijakan terkait penanganan penyebaran virus Covid-19. Sebab, kebijakan untuk memerangi virus mematikan asal China itu dinilai bersifat penting dan mendesak untuk mempercepat proses pemulihan ekonomi nasional nasional.

"Belajar dari Vietnam yang sudah mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif 2,6 persen pada kuartal III lalu. Ternyata kunci penting Vietnam adalah dengan kebijakan mengendalikan virus (Covid-19) dengan ketat," paparnya.

Kedua, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di masa kedaruratan kesehatan ini. Yakni dengan meningkatkan intensitas dan kualitas proses sosialisasi protokol kesehatan.

"Karena masih banyak masyarakat yang belum patuh protokol kesehatan. Sehingga mempengaruhi kasus peningkatan positif (Covid-19) secara harian," ucapnya.

Ketiga, memberikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat ataupun pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19. Di antaranya melalui penyaluran subsidi, bantuan sosial, serta restrukturisasi. "Ini untuk menahan agar ekonomi stabil," imbuh dia.

Terakhir, memperkuat manfaat kebijakan fiskal bagi masyarakat, korporasi, serta stabilitas sektor keuangan di masa penuh ketidakpastian akibat pandemi ini. Sehingga akan mempercepat proses proses pemulihan ekonomi nasional. (mdk/idr)

Baca juga:
Percepat Pemulihan Ekonomi, Jokowi Minta Soal Lapangan Kerja Diperhatikan Khusus
Menhub Budi Pastikan Pemerintah Kerja Keras Tangani Pandemi
Pelabuhan Patimban Diprediksi Jadi Pengungkit Pemulihan Ekonomi Nasional
Bonus Demografi Harus Dimanfaatkan untuk Sumber Ekonomi Baru
Presiden Jokowi Klaim Insentif Pemerintah Berdampak Positif ke Pelaku Usaha
Dorong New UMKM, BI Gelar Festival Karya Kreatif Indonesia Sesi III
Sri Mulyani: Realisasi Anggaran PEN 55,5 Persen dari Total Pagu Rp695,2 Triliun

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami