4 Tips Aman Berbelanja Online Saat Lebaran

4 Tips Aman Berbelanja Online Saat Lebaran
5 Produk Paling Laris di E-commerce yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis. ©Shutterstock
UANG | 13 Mei 2021 06:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Salah satu hal yang paling ditunggu menjelang Lebaran adalah tunjangan hari raya (THR). Nah, di momen spesial ini biasanya orang berbondong-bondong berbelanja untuk memenuhi kebutuhan hari Raya. Kini, terdapat banyak pilihan cara dalam berbelanja, termasuk belanja secara online.

Jual beli online di Indonesia yang secara langsung membuat transaksi belanja meningkat. Pedagang pun kian menjamur di semua platform media sosial. Mulai dari marketplace hingga aplikasi media sosial seperti facebook, twitter hingga tiktok.

Marketplace umumnya menawarkan keamanan pada situs jual beli online nya. Bahkan terkadang, uang yang sudah dibayarkan pembeli tak langsung dilepas kepada penjual sebelum barang benar-benar sampai di tangan pembeli.

Berbeda dengan marketplace, aplikasi media sosial justru sangat rentan terhadap penipuan. Hal ini karena kesepakatan terjadi atas persetujuan dua belah pihak tanpa ada pengamanan dari pihak ketiga.

Tidak sedikit transaksi jual beli online terjadi di luar marketplace melainkan melalui akun media sosial yang minim fitur keamanan transaksi. Untuk itu, ada empat tips yang harus dilakukan agar tak terjebak penipuan online shop.

Baca Selanjutnya: 1 Usahakan Belanja di Marketplace...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami