4 Tips Gunakan Pinjaman Online Secara Aman

4 Tips Gunakan Pinjaman Online Secara Aman
Ilustrasi Pinjaman Online. ©2018 makeuseof.com
EKONOMI | 8 Juni 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pinjaman online atau disingkat pinjol menjadi salah satu alternatif pendanaan bagi masyarakat yang cepat dan mudah. Banyak orang menjadikan dana yang bersumber dari pinjaman online untuk memenuhi biaya kehidupan sehari-hari, biaya pendidikan hingga cicilan barang.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang belum memahami penggunaan pinjaman online dengan baik sehingga muncul stigma negatif seolah pinjaman online berbahaya dan harus dihindari. Padahal, jika pengelolaannya tepat, pinjaman online dapat membantu menyelesaikan kewajiban yang dimiliki.

Mengutip laporan bank OCBC NSIP, agar Anda bisa mengelola utang dengan baik serta menggunakan pinjaman online atau pinjol dengan aman, terdapat beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan. Pertama, cek legalitas. Selalu cek legalitas aplikasi pinjaman.

OJK selalu menyediakan daftar pinjol aman sebagai acuan sehingga, Anda tidak perlu khawatir saat meminjam uang. "Kedua, pinjam sesuai kemampuan Jangan meminjam secara berlebihan. Ukur terlebih dahulu kemampuan membayar angsuran sebelum meminjam dana, berapa yang dibutuhkan, baru setelah itu mendaftar pada pinjol aman," demikian dikutip Liputan6.com.

Tips ketiga ialah bayar tepat waktu. Jika sudah meminjam, bayarlah angsuran Anda secara tepat waktu. Anda harus memperhitungkan pengeluaran setiap bulan agar angsuran utang tetap berjalan lancar.

Dan yang terakhir, cari alternatif lain, misalnya layanan pinjaman dari bank. Jika memang ragu untuk menggunakan pinjaman online, Anda bisa menggunakan layanan pembiayaan dari badan lain untuk memenuhi kebutuhan Anda.

"Layanan bank jelas lebih aman, terverifikasi oleh OJK, dan memiliki bunga yang kompetitif," tulis OCBC NISP.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
AFPI: Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal Cenderung Memaksa
Marak Ditemukan Korban Pinjaman Online Ilegal Imbas Rendahnya Literasi Keuangan
Wali Kota Sutiaji Selesaikan Kasus Pinjaman Online Guru TK di Malang
Cerita Guru TK Nyaris Bunuh Diri Karena Teror Penagih Utang Pinjaman Online
Waspada, Marak Pinjaman Online Ilegal Jelang Lebaran
Per April, Satgas Kembali Temukan 26 Kegiatan Investasi dan 86 Pinjaman Online Ilegal

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami