4 Tips Jitu Memilih Travel Umrah Agar Aman dari Penipuan

UANG | 6 November 2019 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Ibadah umrah merupakan salah satu impian terbesar para umat muslim. Tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap ibadah umrah berimbas pada keberadaan bisnis travel umrah yang berkembang pesat di Indonesia.

Sekarang ini banyak sekali bermunculan perusahaan yang memberikan jasa atau biro perjalanan umrah yang sering disebut travel umrah.

Para travel umrah ini biasanya membantu mempersiapkan segala keperluan terkait perjalanan religi seperti pengurusan visa umrah, tiket pesawat, booking hotel, konsumsi jemaah, transportasi selama ibadah umrah dan tentunya jasa pendampingan selama menjalankan ibadah umrah.

Tetapi seiring berjalannya waktu, banyak kasus travel umrah yang sangat meresahkan umat muslim yang ingin menjalankan ibadah umrah. Seperti maraknya penipuan dengan menggelapkan uang para calon jemaah yang ingin berangkat umrah dan banyak kasus lainnya.

Hal tersebut tentu membuat para calon jemaah yang ingin berangkat umrah menjadi khawatir untuk menggunakan jasa travel perjalanan umrah. Anggota Dewan Kehormatan Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji Republik Indonesia (Amphuri), Budi Firmasyah, pun mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan selektif dalam memilih biro umrah.

Saat ini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena Umroh.com punya tips-tips andalan memilih travel umrah yang terpercaya, simak ulasannya ya:

1 dari 4 halaman

1. Pilih Travel Umrah yang Sudah Resmi Terdaftar

Jika Anda ingin memilih travel umrah terpercaya, maka Anda harus perhatikan betul penyelenggaranya. Menjadi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah atau PPIU bukanlah hal yang mudah. Sebab, pada dasarnya, agen tersebut haruslah yang sudah terdaftar mengantongi izin dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk memastikan hal itu, ada dua cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, datanglah langsung ke departemen agama setempat dan kemudian tanyakan kepada petugas di sana daftar PPIU yang resmi. Cara yang kedua, Anda bisa buka website resmi: Kementerian Agama dan cek apakah namanya tercantum atau tidak.

2 dari 4 halaman

2. Pastikan Mendapatkan Jadwal Keberangkatan yang Sudah Tertera Jelas

Jika Anda menemui travel umrah yang menjanjikan keberangkatan dengan menunggu 1 atau 2 tahun untuk alasan apapun, sebaiknya harus berhati-hati. Biasanya, setiap travel umrah yang berizin resmi sudah menentukan tanggal keberangkatan ibadah umrah dengan pasti.

3 dari 4 halaman

3. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga yang Jauh Lebih Murah

Jangan karena diiming-imingi oleh harga promo yang jauh lebih terjangkau, Anda langsung percaya kepada travel umrah. Banyak yang tergiur dan justru malah tertipu dengan travel umrah yang bermasalah.

Bukan berarti harga terjangkau pasti bermasalah, tetapi ada baiknya melakukan pencarian informasi di internet untuk menghitung biaya perjalanan terlebih dahulu.

Selain itu juga dapat membandingkan dengan agen travel-travel sejenis di daerahmu untuk mendapatkan harga rasional. Jika harganya terlalu rendah dan travel umrah ini belum memiliki track record yang jelas, maka lebih baik hindari.

4 dari 4 halaman

4. Wajib Ketahui Terlebih Dulu Riwayat Travel Umrah itu

Bagian ini adalah hal yang paling penting. Untuk mengetahui reputasi travel umrah, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa mulai dengan browsing performa agen haji dan umrah melalui internet sehingga bisa mendapatkan gambaran kepuasan pelanggan pada umumnya.

Selain itu, Anda pun bisa bertanya pada teman dan sanak saudara yang mengenal travel haji dan umrah tersebut atau telah memakai jasa perjalanannya. Apakah benar-benar terpercaya? Sudah berapa lama menjalankan bisnis travel haji dan umrahnya? Dan terakhir, pastikan juga karakter pemilik travel dan pengurus kunci dari travel tersebut. Sebagai antisipasi untuk melihat apakah dia orang yang amanah dan tidak mudah tergiur dengan nominal uang besar yang dikelolanya.

Nah, pas banget nih buat Anda yang masih bingung dan khawatir terhadap penipuan travel umrah, Umroh.com hadir untuk membantu Anda dalam mencari travel umrah yang aman dan terpercaya.

Umroh.com juga menyediakan berbagai paket umrah lebih dari 100 travel umrah terpercaya di Indonesia. Bersama Umroh.com Anda sudah tidak perlu khawatir lagi tertipu, karena Umroh.com sudah mengantongi izin resmi Kementerian Agama. Banyaknya pilihan paket dan travel umrah memudahkan Anda untuk dalam menjalankan ibadah umrah Anda.

(mdk/bim)

Baca juga:
Biaya Umrah Naik
Menkominfo: Tokopedia dan Traveloka Tidak Selenggarakan Perjalanan Umroh
Sambutan Hangat Raja Salman Saat Presiden Jokowi ke Arab Saud
Datangi PN Depok, Korban First Travel Ajukan Gugatan
Kebahagiaan Warga Palestina Bisa Kembali Umroh
Tawarkan Kepastian, Platform Kitaumroh Incar Generasi Milenial
Marketplace Kitaumroh Dirilis, Visinya One Stop Umroh Shopping di Indonesia