4 Tips Sukses Menjadi Orang Kaya ala Warren Buffett

4 Tips Sukses Menjadi Orang Kaya ala Warren Buffett
ilustrasi orang kaya. shutterstock.com
EKONOMI | 6 Agustus 2022 07:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Siapa yang tidak mau menjadi orang terkaya dunia. Menjadi seperti Warren Buffett tentu adalah impian besar setiap orang.

Mengingat, miliarder digambarkan dapat membeli produk atau jasa apapun yang mereka inginkan meski bernilai mahal. Hal ini membuat setiap orang bersaing lebih keras.

Sayangnya, tidak semua mendapatkan kesempatan menjadi kaya meski telah bekerja cukup keras. Umumnya, mereka terlalu sibuk melakukan pekerjaan tanpa adanya perencanaan target keuangan.

Lantas bagaimana cara untuk menjadi seorang miliarder seperti Warren Buffet? Simak tipsnya seperti dilansir dari Entrepreneur.com.

2 dari 3 halaman

1. Rajin Berinvestasi

berinvestasi rev1

Warren Buffett yang menyadang gelar sebagai salah satu miliarder dunia menyebut, investasi memberikan peluang besar bagi individu untuk meningkatkan nilai hartanya. Jadi, Anda harus lebih berusaha ekstra untuk meningkatkan penghasilan di luar gaji dan lain sebagainya.

Adapun ragam kegiatan investasi yang dapat dilakukan secara sederhana ialah dengan membuka bisnis sampingan. Misalnya, bekerja paruh waktu, membuka sewa seperti rumah, mobil, atau hal lainnya untuk mendapatkan uang lebih.

2. Meningkatkan Keterampilan Diri

Buffett juga menekankan, meningkatkan keterampilan diri penting dilakukan untuk mengoptimalkan potensi diri yang tergali. Upaya untuk meningkatkan keterampilan diri bisa dimulai dengan mengambil berbagai kesempatan yang ada di depan mata.

"Apa yang jadi kelemahan maka ambil langkah buat mengatasinya serta obati apa yang bisa jadi membatasi," kata Buffet.

3 dari 3 halaman

3. Hidup Hemat

hemat rev1

Sosok Warren Buffett juga populer karena menjauhi gaya hidup mewah meski menyadang gelar salah satu orang terkaya di dunia. CEO Berkshire Hathaway itu mempunyai selera simpel, hidup hemat, serta bahagia jadi dermawan yang murah hati.

Buffett masih tinggal di rumah yang dibelinya pada tahun 1957 dengan harga USD 31.500. Selain itu, Buffet tidak sering membeli mobil baru, dan kerap mengambil makan pagi murah dari McDonalds dalam ekspedisi ke tempat kerja.

4. Bersikap Dermawan

Selain menjadi pengusaha sukses, sosok Buffet juga dikenal sebagai seorang dermawan sejati. Sebab, dirinya tak sungkan untuk menyumbangkan hartanya kepada sejumlah lembaga filantropi.

Menurutnya, kegiatan menyumbang dapat membuat jiwa manusia lebih bahagia. Selain itu, aktivitas terpuji ini juga tanpa disadari akan mendorong individu bekerja lebih giat lagi agar dapat membantu lebih banyak orang yang tengah membutuhkan bantuan uang maupun jasa lainnya.

 

(mdk/bim)

Baca juga:
3 Kebiasaan Ini Sering Dilakukan Para Miliarder, Bisa Ditiru
Intip, Tips Mengatur Arus Kas Bisnis yang Baik
Tips Keuangan untuk Freelancer, Tetap Tenang Meski Penghasilan Nggak Tentu Tiap Bulan
Menengok Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk Keberlanjutan Bisnis
AS Resesi, ini yang Bisa Dilakukan Masyarakat Antisipasi Ekonomi RI Ikut Bergejolak?
Apa itu Deposito? Kenali Pengertian, Jenis, dan Cara Daftarnya
5 Manfaat Investasi Emas yang Penting Diketahui, Harga Selalu Stabil

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini