400.000 Korban PHK Peserta BPJamsotek Bakal Terima BLT

400.000 Korban PHK Peserta BPJamsotek Bakal Terima BLT
UANG | 8 April 2020 13:55 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, memastikan seluruh korban pemutusan hubungan kerja (PHK) yang terdampak virus corona atau Covid-19 akan dicover langsung oleh BPJamsostek. Nantinya, seluruh peserta BPJamsostek terdampak tersebut berhak mendapatkan berupa bantuan langsung tunai (BLT).

"Pekerja yang sudah ikut program BPJamsostek yang kena PHK akan dibantu BPJamsostek," kata Askolani di Jakarta, Rabu (8/4).

Askolani menargetkan untuk tahun ini setidaknya ada 400.000 korban PHK yang di-cover oleh BPJamsostek. Adapun manfaat yang diberikan BPJamsostek tak jauh berbeda dengan program kartu prakerja. Apalagi, kartu prakerja tahun ini diharapkan bisa mencakup 5,6 juta peserta dengan total anggaran mencapai Rp20 triliun.

"Jadi dengan kartu prakerja 5,6 juta dan skema BPJamsostek 400.000, setidaknya bisa cover 6 juta yang bisa support di 2020. Dari BPJamsostek pun sudah siap laksanakan dalam waktu dekat," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Peserta Kartu Prakerja Terima Rp 3,5 Juta

prakerja terima rp 35 juta

Untuk kartu prakerja sendiri, pemerintah mensyaratkan warga negara Indonesia (WNI) usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang menjalani pendidikan formal. Para korban PHK dan pencari kerja juga bisa mengakses program yang menjadi andalan Presiden Joko Widodo.

Peserta kartu prakerja akan menerima Rp3.550.000, terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1 juta dan insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000 per bulan untuk empat bulan, serta insentif survei kebekerjaan dengan total Rp150.000.

(mdk/bim)

Baca juga:
Pemprov Jatim Siapkan Lahan Khusus Pemakaman Jenazah Pasien Virus Corona
TPU Pondok Kelapa Mulai Batasi Peziarah, Maksimal 5 Orang
Polda Metro Siapkan Sanksi Buat Pelanggar Kebijakan PSBB di DKI
Imbas Virus Corona, Truk Kelebihan Beban Bebas Berkeliaran
BI Prediksi Pertumbuhan Penjualan Eceran Maret 2020 Minus 5,4 Persen
Fokus Bahas Teknis PSBB, Polda Jabar Pastikan Tidak Ada Jam Malam
Antisipasi Covid-19, Akses di Kawasan Tanah Kusir Ditutup

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5