42 Instansi Lakukan Tes CPNS 2019 Hari ini, 32.000 Pelamar Ikut Serta

UANG | 27 Januari 2020 10:11 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sebanyak 32.000 peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) perdana secara serentak di seluruh Indonesia, Senin (27/1). Adapun, dari 522 instansi yang berpartisipasi dalam seleksi CPNS 2019, sebanyak 42 instansi sudah mulai menggelar seleksi hari ini, terdiri dari 19 instansi pusat dan 23 pemerintah daerah.

"Peserta hari ini pagi sampai sore sebanyak 32 ribu orang, mudah-mudahan lancar karena persiapan seminggu lalu jadi tidak ada masalah," ujar Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, di Jakarta.

Di lingkungan BKN sendiri, dua sesi pertama ditujukan untuk peserta tes yang memilih instansi BKN. Kemudian untuk sesi ketiga dan besok, Selasa (28/1/2020), ditujukan untuk peserta tes yang memilih instansi Badan Intelijen Negara (BIN).

"Di BKN, dua sesi pertama (tes CPNS) untuk BKN, sesi ketiga BIN, besok masih BIN, kita akan berikan jadwal untuk pelaksaan tes ini," imbuh Bima.

1 dari 1 halaman

Sistem Pengawasan Dipastikan Berjalan Baik

Adapun, berbagai pengawasan terhadap pelaksanaan seleksi tes telah dilakukan, seperti persiapan komputer, jaringan, server dan soal-soal tes.

"Kita sudah atur satu bulan penuh. Masing-masing kementerian harus siapkan jaringan dan komputer. BKN siapkan server dan soal-soal. Jadi beda dengan tahun lalu, jaringan tidak terkontrol, kalau sekarang tugas sudah dibagi rata," tutur Bima.

Pantauan Liputan6.com di lokasi per pukul 8.30 WIB, peserta telah memenuhi ruang yang disediakan sesuai dengan sesi tes yang ditentukan.

Peserta menggunakan pakaian putih hitam dan membawa kartu pendaftaran CPNS serta kartu identitas sebagai syarat melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Bima menyatakan SKD dilaksanakan selama 90 menit dengan 100 soal, dari pagi hingga sore. Adapun, di BKN sendiri, sesi tes dilakukan untuk peserta yang memilih instansi BKN dan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Di BKN, dua sesi pertama adalah BKN, sesi ketiga BIN, lalu besok masih BIN," imbuh Bima.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
BKN Jamin Tidak Ada Kebocoran Soal Tes CPNS 2019
Jelang Tes CAT SKD CPNS 2019, Berikut Aturan Baru Pelaksanaan untuk Diperhatikan
Forum Honorer Minta Seleksi PNS Dilakukan Transparan dan Tidak Ada 'Titipan'
Hari ini, Instansi Penyelenggara SKD CPNS 2019 Wajib Umumkan Jadwal dan Lokasi Tes
Waspada, Tengah Beredar Hoaks Tawaran Bisa Jadi CPNS Tanpa Tes
5 Fakta Jelang Tes SKD CPNS 2019
MenPan-RB: Soal Ujian CPNS 2019 Sudah di BKN

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.