47 Ribu Toko Kelontong Sudah Terdaftar di Aplikasi Warung Pangan

47 Ribu Toko Kelontong Sudah Terdaftar di Aplikasi Warung Pangan
Miniservice Warung Pangan, Kolaborasi DANA & BGR Logistics Dukung Pemulihan UMKM. ©Shutterstock
EKONOMI | 16 September 2021 16:36 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - BUMN Klaster Pangan menghadirkan kemudahan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan pokok, di antaranya kerja sama distribusi pangan melalui mitra ritel online melalui aplikasi Warung Pangan. Aplikasi ini diluncurkan sebagai inovasi kemudahan berbelanja masyarakat di tengah pandemi ini.

Direktur Utama BGR Logistics, M Kuncoro Wibowo mengatakan, bahwa saat ini terdapat lebih dari 47 ribu warung UMKM telah teregister di Aplikasi Warung Pangan (WP) yang terhubung dengan puluhan pemasok/supplier yg terdiri dari pengusaha UMKM, Koperasi dan beberapa perusahaan.

Sejak diluncurkan di Agustus 2020 Aplikasi Warung Pangan telah menjual berbagai jenis produk pangan dari BUMN Klaster Pangan dan supplier lokal, serta produk minuman dalam bentuk sachet seperti warung pada umumnya, token listrik dan pulsa.

"Aplikasi Warung Pangan ini sudah tersebar di 7 kota yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya dan Pangkal Pinang," terang Kuncoro dalam acara Launching Produk Bersama dengan Nusakita, Panganesia, dan Rania!, Kamis (16/9).

Apliksi Warung Pangan (WP) ini juga mempunyai fitur WP Fund yang bekerjasama dengan Bank BRI dan Bank Mandiri untuk membantu permodalan mitra dalam mengembangkan usahanya, WP Grosir untuk masyarakat luas yang ingin membeli produk lebih banyak, WP suplier untuk membantu produsen ataupun supplier lokal menjual produknya di Warung Pangan, WP Asik yang diperuntukkan bagi UMKM mendapatkan permodalan melalui TJSL Perusahaan BUMN dan ada juga WP Canvaser serta fitur pendukung lainnya.

Aplikasi WP ini sudah terhubung dengan Bank BRI, Mandiri, BCA, Link Aja, Dana, Hara, Vida, Tanihub dan beberara startup lainnya yang sedang dikembangkan untuk terhubung dgn beberapa startup pendanaan lain.

Sebagai informasi, BGR Logistics memiliki fasilitas layanan Mobile Cold Storage yang merupakan ruang pendingin yang sifatnya portable dan upgradable yang dibangun diluasan lahan 5.000 M2, dengan konstruksi rigid pavement K400. Menggunakan material konstruksi Mufler Steinless Steel (MGSS) didesain untuk outdoor dengan standar kualitas tinggi.

"Dalam program meningkatan kualitas dan penguatan pelayanan dalam bidang komoditi pangan, kami telah membangun fasilitas pendukung seperti Cold Storage yang merupakan ruang pendingin berukuran 850 Meter Persegi, terdiri dari 5 Cool Room, kemudian Mobile Cold Storage, merupakan ruang pendingin yang sifatnya portable dan upgradable yang dibangun di lahan 5.000 Meter Persegi dan terdapat 9 (sembilan) cluster dimana setiap clusternya terdiri 4 Cold Room berukuran 2.5 x 12 yang total kapasitas daya tampungnya upgradable hingga 1.000 Ton," Jelas Kuncoro.

Selain itu, BGR Logistcis juga telah membangun faslitas yang dibutuhkan bagi karyawannya berupa Rumah Dinas, Mes Karyawan yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga berupa lapangan basket dan joging track yang mengelilingi Danau yang sudah direvitalisasi.

"Dengan fasilitas-fasilitas yang telah diresmikan diharapkan akan mendukung kinerja warung pangan untuk mencapai target 60 ribu mitra warung pangan di akhir tahun 2021, selain itu BGR Logistics telah meluncurkan layanan Trans log yaitu jasa transportasi darat Hub to Hub dari Jakarta ke Surabaya dan dari Jakarta ke Medan untuk mendukung keberlanjutan pasokan dari supplier ke warung pangan," pungkasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Menteri Erick Akui Kredit UMKM Indonesia Termasuk Terendah di Dunia
Bos UOB Indonesia: Pertumbuhan Kredit Belum Sesuai Target
Hippi Nilai Kehadiran Holding BUMN Ultra Mikro Naikkan Kelas UMKM
Strategi Pemerintah Genjot Ekosistem UMKM agar Segera Bangkit dari Pandemi
Bank Indonesia akan Dorong UMKM Go Digital Lewat KTT G20 2022
Kolaborasi dengan Investree, BPR Lestari Siap Beri Kredit Rp10 Miliar ke UMKM

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami