5 Alasan orang kaya raya ini tak mau berikan warisan ke anak

UANG | 29 Oktober 2018 06:15 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Banyak miliarder memutuskan untuk tidak memberikan harta warisan kepada anak-anaknya. Mereka tidak ingin memanjakan anak-anaknya dengan harta yang mereka miliki.

Karena itu, mereka memilih menyumbangkan harta kekayaannya untuk disumbangkan ke badan awal atau kegiatan untuk menolong orang lain. Dikutip dari Business Insider, berikut para miliuner berserta alasannya tidak mewariskan uang ke anak-anak mereka:

1 dari 5 halaman

Michael Bloomberg

Michael Bloomberg . ©2012 Merdeka.com

Michael Bloomberg, merupakan salah satu miliarder terkaya dunia yang berikrar tak akan menjatuhkan seluruh kekayaan pada dua anaknya saat dia meninggal nanti. Orang terkaya ke-11 versi Forbes ini memiliki harta USD 47,1 miliar (Rp 715 triliun) secara terang-terangan berkata ingin menyumbangkan seluruh kekayaannya sebelum mati.

Bloomberg telah berjanji untuk mendedikasikan dirinya pada sejumlah kegiatan sosial dan aktif mendonasikan hartanya bagi yang membutuhkan. Sepanjang hidupnya, pria lulusan Harvard Business School ini telah menyumbangkan uang hingga senilai USD 3,3 miliar termasuk USD 100 juta pada Gates Foundation untuk mengurangi penyebaran polio.

2 dari 5 halaman

Bill Gates

Bill Gates. ©2017 Merdeka.com

Selanjutnya, Bill Gates yang tidak akan mewariskan harta kekayaannya kepada ketiga anaknya. Menurut Gates, anak-anaknya harus belajar bekerja guna mendapatkan apapun yang diinginkannya. Mengandalkan harta orangtua bukanlah salah satu pelajaran yang diterapkan Gates pada anaknya.

Bersama sang istri, miliarder terkaya di dunia ini memang tercatat senang memberikan donasi kepada yayasan amal dalam jumlah besar. Harta Gates mencapai USD 96,3 miliar (Rp 1.461 triliun).

3 dari 5 halaman

Warren Buffett

Warren Buffett dan anak-anaknya. ©savconsulting.wordpress.com

Warren Buffett memang tidak meninggalkan sepeser pun untuk anak-anaknya, tapi dia memberikan saham di Berkshire Hathaway untuk badan amal milik anak-anaknya.

Mayoritas harta Buffett akan disumbangkan ke Bill and Melinda Gates Foundation. Sejumlah hartanya juga akan diberikan pada Susan Thompson Buffett Foundation yang dia dirikan bersama mendiang istri pertamanya.

4 dari 5 halaman

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg dan istrinya Priscilla Chan. ©Facebook

Ketika putri pertama Mark Zuckerberg lahir, dia dan istrinya berjanji akan mendonasikan 99 persen warisannya ke badan amal. Hal itu ia umumkan di Facebook bersama istrinya, Priscilla Chan.

Pasangan Zuckerberg meluncurkan Chan-Zuckerberg Initiative (CZI) yang bertujuan memajukan potensi manusia dan kesempatan yang setara. Zuckerberg dikarunia dua orang putri, Maxima dan August.

5 dari 5 halaman

Pierre Omidyar

ilustrasi orang kaya. shutterstock.com

Alasan Pierre Omidyar untuk tidak mewariskan pada anak-anaknya bukan semata tidak ingin memanjakan saja. Menurutnya, dia telah memiliki cukup uang untuk keluarganya.

Total harta pendiri eBay ini terbilang fantastis, yakni di kisaran USD 1 miliar (Rp 15 triliun) . Pada tahun 2010, dia menandatangani Giving Pledge, sebuah kampanye yang dibuat Warren Buffett dan suami-istri Gates untuk menarik orang super kaya untuk mendonasikan harta-harta mereka untuk aktivitas sosial. (mdk/has)

Breaking News:
Pesawat Lion Air JT 610 dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang
Serpihan pesawat Lion Air dan potongan tubuh ditemukan di perairan Tanjung Karawang
Video serpihan pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Karawang
Gubernur Babel sebut ada sejumlah pejabat di Pesawat Lion Air jatuh di Karawang 

Kronologi pesawat Lion Air jatuh di perairan Tanjung Karawang