5 Bisnis Menjanjikan Tak Perlu Modal Besar di Masa Pandemi

5 Bisnis Menjanjikan Tak Perlu Modal Besar di Masa Pandemi
10 Bisnis Makanan Ringan yang Menguntungkan. iStockphoto
EKONOMI | 22 Mei 2022 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Pandemi Covid-19 belum juga berakhir, namun bukan berarti tak ada celah untuk mulai berbisnis. Sebetulnya, ada beberapa jenis bisnis yang bisa dijalankan di masa pandemi ini seperti bisnis makanan.

Dikutip dari Finansialku.com, merintis bisnis makanan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan. Terlebih di masa pandemi, peluang bisnis ini justru semakin besar.

Sebab, makanan adalah kebutuhan setiap orang sehingga akan selalu punya tempat di pasaran. Belum lagi pembatasan sosial yang diberlakukan, membuat kebanyakan orang lebih memilih untuk pesan melalui jasa penyedia makanan terutama yang dijalankan secara online.

Memang, salah satu kendala yang dihadapi saat akan merintis bisnis adalah modal. Tapi jangan khawatir, masih ada ide bisnis makanan dengan modal kecil tapi keuntungannya menjanjikan. Apa saja?

2 dari 3 halaman

Frozen Food

rev1

Bisnis di masa pandemi yang pertama, adalah frozen food. Seperti nugget, sosis, bakso, adalah beberapa jenis frozen food yang sering distok saat belanja bulanan. Bisnis frozen food terbilang praktis, dan bisa dimulai dengan modal kecil.

Misalnya, jika modal masih terbatas kamu bisa bekerja sama dengan supplier frozen food untuk memasarkan kembali produk mereka atau istilahnya reseller. Sistemnya menggunakan pre order, sehingga kamu tidak perlu menyetok banyak frozen food tapi beli sesuai pesanan saja.

Katering Makanan Sehat

Bisnis di masa pandemi yang kedua, bisnis katering makanan sehat. Saat ini semakin banyak orang yang menerapkan pola hidup sehat, apalagi kondisi pandemi membuat mereka berusaha menjaga kesehatannya.

Salah satu yang mendukung kesehatan adalah makanan. Nah, jika punya bakat di bidang kuliner, bisnis makanan sehat bisa jadi pilihan.

Kamu bisa memasak sesuai pesanan. Sehingga, kamu tidak memerlukan banyak modal dan tidak takut rugi jika makanan tak laku.

Camilan

Bisnis di masa pandemi yang ketiga, bisnis camilan atau makanan ringan. Siapa sih yang tidak suka ngemil? Kayaknya jarang ya, apalagi kalau kita sering di rumah aja pasti ngemil jadi teman untuk melakukan rutinitas harian. Benar, kan?

Nah, manfaatkan peluang ini untuk menjual camilan. Bisa sebagai reseller dari produk yang ada seperti Makaroni Ngehe, basreng, dan lain-lain. Atau kamu bisa menciptakan produk camilan sendiri.

Banyak kok resep-resep camilan yang mudah dibuat tapi diminati banyak orang. Kamu bisa browsing atau sharing dengan orang berpengalaman di bidangnya. Jangan hanya mengedepankan tampilan menarik, tapi pastikan produk itu punya keunggulan dari segi rasa.

3 dari 3 halaman

Olahan Ayam

rev1

Keempat yaitu olahan ayam. Produk berbahan dasar ayam termasuk jenis makanan yang mengalami inovasi dan kemajuan. Bisa dibilang, lauk ayam tak pernah sepi peminat juga.

Hampir seluruh masyarakat Indonesia menggemari olahan ayam, mulai dari ayam krispi, ayam geprek, ayam gulai, ayam kecap, ayam aneka bumbu lainnya, seperti blackpepper, teriyaki, dan sebagainya.

Selain itu, menjual olahan ayam bisa dibilang mudah. Jangan khawatir, kamu tidak perlu takut rugi karena bisa menyimpan ayam ke dalam freezer agar lebih tahan lama.

Dessert Box

Bisnis di masa pandemi yang terakhir yaitu dessert box. Sebagai makanan penutup, dessert box menjadi salah satu ide bisnis yang tengah naik daun.

Umumnya, dessert yang memiliki cita rasa unik dan penampilan menarik ini disajikan dalam box bening sehingga disebut dessert box. Selain untuk konsumsi pribadi, biasanya dessert box juga dimanfaatkan sebagai hampers saat perayaan hari keagamaan tiba.
 
Itulah beberapa ide bisnis di masa pandemi yang bisa memberikan keuntungan menjanjikan. Supaya bisnis semakin berkembang, ciptakan keunggulan rasa dan keunikan produk versi dirimu sendiri, ya.

Ingat, bahwa di rumah aja selama pandemi tak membatasi diri untuk dapat berinovasi.

 

(mdk/bim)

Baca juga:
Teten Masduki: Produk UMKM Harus Banjiri Marketplace
Pengusaha Sepatu Rp 147.000 jadi Orang Terkaya Baru India, ini Kisah Suksesnya
Jelang Arus Balik PO Haryanto Rugi Rp300 Juta, Jawaban Sang Owner Bikin Terenyuh
5 Persiapan Penting Sebelum Membuka Usaha Sendiri, Pilih Ide Bisnis yang Tepat
Kejar Target 1 Juta Wirausaha Baru, Ini yang Bakal Dilakukan BUMN
Menteri Teten Target Peringkat Wirausaha Indonesia di Dunia Naik ke Posisi 60
Menkop Teten Ingin Tambah Satu Juta Wirausaha Baru dalam 2 Tahun ke Depan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami