5 Cara Ini Bantu Anda Lebih Mudah Buat Anggaran Bulanan

5 Cara Ini Bantu Anda Lebih Mudah Buat Anggaran Bulanan
Ilustras masalah keuangan. ©shutterstock.com/Robert Kneschke
UANG | 22 Januari 2021 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Membuat anggaran adalah salah satu langkah yang efektif untuk mengetahui seberapa banyak pemasukan serta pengeluaran setiap bulannya. Dengan menganggarkan pemasukan dan pengeluaran, nantinya akan memudahkan Anda untuk menyimpan uang.

Di sisi lain, membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran terasa begitu sulit bagi sebagian orang. Padahal sebenarnya cara tersebut tidak sulit alias mudah. Ada banyak situs web dan aplikasi penganggaran yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat anggaran bulanan.

Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung kepada seseorang yang sudah profesional menangani masalah keuangan. Bahkan jika Anda ingin, Anda bisa membuat spreadsheet sendiri.

Berikut ini beberapa cara untuk membantu Anda membuat anggaran bulanan yang dinilai efektif, dilansir CNBC.

1. Hitung penghasilan atau laba bersih per bulan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui berapa banyak pemasukan Anda setiap bulan. Hitunglah keuntungan bersih yang Anda dapatkan setiap bulannya. Menghitung pendapatan bersih itu berarti jumlah seluruh uang yang dihasilkan dikurangi pajak.

Jika Anda menerima gaji dari perusahaan, terlepas dari status bekerja paruh waktu atau penuh waktu, jumlah yang Anda dapatkan itu kemungkinan pendapatan bersih Anda.

Biasanya perusahaan akan segera memotong gaji jika Anda terdaftar dalam asuransi kesehatan atau akun pensiun dari perusahaan.

Namun, jika Anda seorang freelance atau wiraswasta yang tidak menerima gaji dari perusahaan, tentu Anda harus mengurangi penghasilan setiap bulannya untuk membayar pajak.

2. Buat daftar pengeluaran bulanan

Langkah selanjutnya setelah mengetahui berapa penghasilan per bulan, Anda harus menentukan apa saja pengeluaran yang dibutuhkan setiap bulannya. Beberapa pengeluaran yang umum, di antaranya bayar sewa, bayar tagihan, asuransi, utilitas, kebutuhan anak, bahan makanan, transportasi, perlengkapan rumah tangga, dan lainnya.

Buatlah daftar pengeluaran serinci mungkin beserta besarannya. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan denga pemasukan Anda yang didapatkan per bulannya. Jika sekiranya masih tersisa, Anda bisa memasukkan uang tersebut ke dalam tabungan, dana darurat, atau dana untuk pensiun.

Baca Selanjutnya: 3 Beri label biaya dan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami