5 Cara Sederhana Kembalikan Motivasi Sukses Saat Pandemi

5 Cara Sederhana Kembalikan Motivasi Sukses Saat Pandemi
Ilustrasi sukses. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Filipe Matos Frazao
UANG | 26 Januari 2021 06:30 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Pandemi covid-19 telah mengubah sebagian besar rutinitas semua orang. Mulai dari bekerja di rumah, banyaknya pekerja yang kehilangan pekerjaan, hingga mengganggu mental banyak orang di seluruh dunia.

Profesor dan direktur Self and Motivation Lab di University of Buffalo, Lora Park mengatakan, motivasi cenderung turun ketika Anda merasa kekurangan dalam tiga bidang utama kehidupan. Di antaranya otonomi, kompetensi, dan hubungan.

Meski demikian, ada cara untuk mengatur hidup dan rutinitas Anda sehingga Anda merasa lebih termotivasi tentang tujuan Anda, apakah Anda mencoba untuk tetap fokus pada pekerjaan dan kesuksesan.

Berikut beberapa cara yang didukung penelitian untuk merasa lebih termotivasi di tengah pandemi, dilansir CNBC.

Ciptakan Ritual Harian

Sebuah studi tahun 2018 dari Universitas Harvard menemukan bahwa ritual, setiap urutan tindakan yang ditentukan sebelumnya yang ditandai dengan kekakuan dan pengulangan, mampu meningkatkan pengendalian diri dan perasaan disiplin diri orang-orang.

"Ritual tidak harus menjadi hal yang rumit, ini bisa menjadi rutinitas yang sangat kecil yang Anda lakukan setiap hari," kata Park.

Misalnya, meletakkan pakaian olahraga di samping tempat tidur agar Anda bisa berolahraga di pagi hari dianggap sebagai ritual. Begitu pula meluangkan waktu untuk bermeditasi atau bersantai setelah Anda menyiapkan anak-anak Anda untuk hari sekolah atau mengajak anjing Anda jalan-jalan setelah bekerja.

Seiring waktu, ritual mengotomatiskan perilaku. Ketika sebuah kebiasaan menjadi otomatis, "Ini membebaskan energi mental Anda untuk kemudian dapat fokus pada hal-hal lain yang membutuhkan lebih banyak waktu perhatian atau energi," katanya.

Baca Selanjutnya: Menghargai Diri Sendiri Hadiah dapat meningkatkan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami