5 Cerita Tak Terduga Kehidupan Elon Musk Sang Pemilik Tesla dan Orang Terkaya Dunia

UANG | 27 Desember 2018 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Perjuangan 20 tahun membangun kerjaan bisnis membawa Elon Musk masuk dalam jajaran pengusaha terkaya dunia. Beberapa perusahaan besar yang dibangunnya antara lain PayPal, Tesla dan SpaceX.

Sukses Musk telah dipupuk sejak memulai bisnisnya saat dirinya masih anak-anak. Saat itu, dia memutuskan untuk berjualan permen keliling.

Melansir laman CNBC, Rabu (26/12), sejak usia anak-anak, Musk telah mencoba membuat roket rumahan, membuat kode video game sendiri dan bertahan dari kesulitan yang dia alami di rumah.

Berikut lima fakta menarik mengenai bakat bisnis Elon Musk yang telah dia tunjukkan sejak masih anak-anak.

Reporter: Siska Amelie F Deil

Sumber: Liputan6

1 dari 5 halaman

Berjualan Permen Keliling

Elon Musk. ©2012 Merdeka.com

Saat masih tinggal di Pretoria, Musk, kakaknya Kimbal dan sepupunya berkeliling ke perumahan orang kaya di ibukota Afrika Selatan. Di sana mereka menjual coklat dan permen dari rumah ke rumah.

Saat itu mereka mendapat keuntungan hingga 20 kali lipat dari modal awal mereka. Dia merasa sangat berbakat dalam membujuk para orang kaya untuk membelikan permen bagi anak-anak mereka.

2 dari 5 halaman

Pernah Kena bully

Elon Musk. ©2015 Merdeka.com

Sebagai yang termuda dengan postur tubuh paling kecil, Musk pernah dianiaya sekelompok teman sekolahnya. Dia dipukuli hingga harus dilarikah ke rumah sakit.

Aksi aniaya tersebut terus berlangsung hingga dia berusia 15 tahun. Pada akhirnya, dia belajar karate dan judo. Dia lantas membalas saat pembully melakukan aksinya.

3 dari 5 halaman

Pernah Dikira Tuli

Elon Musk CEO SpaceX. ©2015 Ubergizmo.com

Musk sangat tertutup saat masih anak-anak sehingga orangtuanya berpikir ia tuli. Namun setelah diperiksa dokter, sang ibu tahu bahwa Musk hanya sering melamun soal penemuannya.

Menurut sang ibu, Musk seperti berada di dunia lain dalam pikirannya.

4 dari 5 halaman

Musk Kecil Mampu Membuat Bahan Peledak dan Roket

Elon Musk CEO SpaceX. ©2015 Ubergizmo.com

Saat kedua orangtua pergi, Musk selalu berada di bawah pengawasan asisten rumah tangga. Itu agar Musk tidak merusak apapun di dalam rumah.

Sebab, Musk pernah membuat bahan peledak kecil dan senang merancang roket. Semua itu tentu berbahaya bagi Musk yang masih kecil.

5 dari 5 halaman

Hidup Dengan USD 1 per Hari

Elon Musk. ©2012 Merdeka.com

Di usia 17 tahun, Musk pertama kali pindah ke Amerika Serikat. Musk bertahan hidup hanya dengan USD 1 per hari untuk membeli makanan dari supermarket.

Kini, berdasarkan data Forbes, Kekayaan Elon Musk bertambah USD 2,8 miliar atau setara Rp 40,7 triliun. Dia berada di peringkat 10 di daftar miliarder paling kaya untuk di 2018.

  (mdk/bim)

Baca juga:
Elon Musk Rogoh Kocek Rp 1,45 Miliar Demi Beli Sebuah Nama
Strategi Selesaikan Masalah ala Bill Gates hingga Beyonce
Kebiasaan buruk ditinggalkan Bill Gates dkk sebelum jadi orang terkaya
Elon Musk mundur sebagai bos Tesla dan bayar denda USD 20 juta
Digugat lakukan penipuan, bos Tesla kehilangan Rp 20,3 triliun
CEO Tesla Elon Musk digugat lakukan penipuan sekuritas
5 Hal menakjubkan hasil belanja para orang kaya dunia bikin geleng-geleng kepala

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.