5 Daerah Ramah Pajak Cocok untuk Masa Pensiun

UANG | 25 Januari 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Keuangan saat pensiun mutlak harus dipersiapkan sejak dini. Sebab, saat pensiun, masyarakat tetap akan dibebankan oleh biaya-biaya lain. Salah satunya pajak.

Masa pensiun seharusnya dapat menjadi masa yang membahagiakan, karena bisa beristirahat dari aktivitas kerja yang melelahkan. Namun di sisi lain, terkadang orang yang memasuki masa pensiun juga dibebankan dengan pajak yang besar.

Seperti halnya di Amerika Serikat (AS), di mana para pensiunan di AS dibebankan dengan pajak penjualan hingga pajak properti. Namun ada beberapa daerah di AS memiliki beban pajak yang terjangkau, mulai dari pajak penghasilan, properti, penjualan sampai tanah.

Apa saja negara bagian AS yang tercatat memiliki beban pajak yang terjangkau? Dilansir dari laman businessinsider.sg, situs keuangan pribadi Kiplinger, berikut ialah lima daftar negara bagian AS yang paling ramah ketetapan pajaknya.

1 dari 5 halaman

1. Wyoming

Wyoming merupakan negara bagian di AS yang memiliki beban pajak terendah. Di sana, tercatat tidak ada beban pajak penghasilan, tanah maupun warisan.

Hidup di Wyoming merupakan solusi bagi pensiunan yang ingin menjalani hidup dengan hemat namun tetap rileks menjalani masa pensiunannya.

2 dari 5 halaman

2. Nevada

Dengan tidak adanya pajak penghasilan, kemudian pajak properti rata-rata berkisar USD 693, Nevada menjadi negara kedua yang banyak diminati pensiunan pada beberapa tahun terakhir. Selain karena pemandangannya yang indah, negara itu juga dikenal karena ramah pajak.

3 dari 5 halaman

3. Delaware

Delaware menjadi negara yang memiliki pemandangan pantai yang mengagumkan, sehingga tenang untuk ditinggali. Jumlah pajak penghasilan di Delware berkisar 2,2 sampai 6,6 persen. Sementara untuk rata-rata pajak properti senilai USD 604.

4 dari 5 halaman

4. Alabama

Alabama merupakan negara bagian AS yang terletak di bagian selatan. Menjadi negara keempat dengan beban pajak terendah, penduduk Alabama memiliki biaya hidup yang rendah dan pajak yang terjangkau.

Diantaranya pajak penghasilan yang berkisar dua sampai lima persen, Kemudian pada pajak properti, sebesar USD 432. Dengan pajak yang terjangkau, banyak pensiunan yang memilih membangun rumah di Alabama.

5 dari 5 halaman

5. Carolina Selatan

Carolina Selatan merupakan tempat yang ideal bagi para pensiun yang ingin menjalani masa pensiun di pesisir pantai. Dengan pajak penghasilan yang rendah, berkisar tiga sampai tujuh persen, dan pajak properti yang terjangkau, berkisar USD 601, pensiunan dapat menikmati cuaca cerah dengan tetap berhemat.

Reporter Magang : Nurul Fajriyah

(mdk/bim)

Baca juga:
Ingin Berkarir Tapi Usia Tak Lagi Muda, Intip Tipsnya
10 Negara Terbaik untuk Pensiun Versi Annual Global Retirement Index
Erick Tohir Kaji Pembentukan Satu Atap Dana Pensiun BUMN
Pensiun, PNS Magelang Diwajibkan Sedekah Tanaman atau Buku
Dana Pensiun Harus Dipersiapkan Sejak Usia Muda
BCA Tawarkan Produk Baru untuk Asuransi Dana Pensiun
Tangis Lee Chong Wei Pensiun dari Dunia Bulu Tangis

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.