5 Fakta Unik di Balik Membanjirnya Program Mudik Gratis 2019

UANG | 31 Mei 2019 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan kembali mengadakan program mudik gratis 2019. Adapun anggaran yang disiapkan mencapai Rp 34 miliar, naik jika dibandingkan anggaran tahun lalu yang hanya Rp 27 miliar.

Kenaikan anggaran ini dikarenakan kuota mudik gratis tahun ini akan lebih banyak jika dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu kuotanya 44.000 orang, kini menjadi 54.000 orang atau naik 18 persen.

"Selain itu, kota tujuan untuk mudik gratis tahun ini juga kita tambah. Tahun kemarin 32 kota, kalau tahun ini kita ada 40 kota, sudah termasuk ke wilayah Sumatera seperti Palembang, Lampung, Padang," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau supaya pihak swasta turut serta menyediakan program CSR mudik gratis tahun ini. Hal tersebut dalam rangka mendukung pemerintah menekan pemudik menggunakan motor saat Lebaran mendatang.

Selain pemerintah, sejumlah BUMN dan swasta juga turut mengadakan program mudik gratis di tahun ini. Berikut rangkuman sejumlah fakta unik di balik mudik gratis 2019.

1 dari 5 halaman

Di Mudik Gratis, Terkuak Ternyata Pedagang Jamu Sudah Makin Sejahtera

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk hari ini melepas keberangkatan 12.000 pemudik gratis bagi para pedagang jamu se-Jabodetabek yang ke-30. Tahun ini akan ada 189 bus yang siap mengantarkan para peserta mudik gratis.

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, mengatakan para pemudik ini akan diberangkatkan ke delapan kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul.

"Untuk tahun ini, jumlah pemudik yang ikut berkurang dibanding tahun kemarin. Soalnya ekonomi para pedagang jamu kan semakin membaik baik di sini maupun di daerah, jadikan pada tidak ke Jakarta. Terus juga banyak perusahaan atau institusi yang juga menyelenggarakan mudik secara gratis seperti ini," ujarnya.

2 dari 5 halaman

Mudik Gratis BUMN 2019 Cetak 2 Rekor Baru MURI

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, melepas keberangkatan pemudik dalam Program Mudik Bareng BUMN 2019 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/5). Tahun ini, 104 BUMN bersinergi memberangkatkan 250.474 pemudik secara gratis agar bisa berlebaran bersama keluarga di kampung halaman.

Dalam program ini, Kementerian BUMN mendapatkan dua rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) yaitu rekor pelayanan mudik dengan BUMN terbanyak dan rekor pelayanan mudik dengan kota tujuan terbanyak.

Tahun ini, pelaksanaan Program Mudik Bareng BUMN 2019 tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan titik keberangkatan sebanyak 80 Kota (34 Kota di Pulau Jawa dan 46 Kota di luar Pulau Jawa).

3 dari 5 halaman

Mudik Gratis BUMN 2019 Telan Biaya Capai Rp 100 Miliar

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menyatakan anggaran untuk Mudik Bareng BUMN 2019 mencapai sebesar Rp 100 miliar. Adapun jumlah tersebut diperoleh dari masing-masing BUMN yang terlibat dalam program mudik gratis tahun ini.

Menteri Rini mengatakan, dari total anggaran Rp 100 miliar tersebut diberikan untuk memfasilitasi perjalanan para peserta mudik sebesar Rp 400.000 per orang. Jumlah tersebut, termasuk untuk keberangkatan hingga perjalanan pulang kembali.

"Jadi total costnya, Rp 100 miliar. Jadi Rp 400.000 per orang rata-rata," katanya.

4 dari 5 halaman

Banjir Program Mudik Gratis, Pengusaha Bus Menjerit

Banyaknya program mudik gratis yang diadakan instansi dan pemerintah menyebabkan perusahaan otobus (PO) di Kota Bekasi, Jawa Barat, menjerit. Sebab, jumlah penumpang mengalami penurunan signifikan selama lima tahun terakhir.

Pengurus PO Kurnia Jaya, Hasan (40) mengatakan jumlah penumpang kian menurun setiap musim mudik. Sebelum marak program mudik gratis, bus-bus miliknya bisa mengantar sekitar 3.000 penumpang menuju tujuan Jawa Tengah dalam sehari selama mudik lebaran.

"Kalau mudik sekarang dan tahun lalu paling jumlah penumpang di bawah 200 orang per hari. Tembus angka 180 penumpang per hari saja sudah bagus," kata Hasan.

Kepala Unit Pengendalian Operasional pada Terminal Induk Kota Bekasi, Acim Maulana membenarkan bahwa banyaknya program mudik gratis berimbas pada pendapatan para PO di Terminal Induk Kota Bekasi. Secara keseluruhan, penurunan jumlah penumpang mencapai lima persen sejak lima tahun terakhir.

"Tahun lalu jumlah penumpang yang dilayani ada 15.000 orang, dan itu untuk tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera," katanya.

5 dari 5 halaman

Peserta Mudik Gratis Diminta Tak Main Handphone Terus

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pelepasan mudik gratis di Lapangan Monas Jakarta, Kamis (30/5). Anies berharap mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta ini dapat menambah silaturahmi antar masyarakat.

Anies meminta para warga agar mengurangi penggunaan telepon seluler selama perjalanan mudik. Dia ingin warga memanfaatkan mudik gratis ini untuk menjalin interaksi dengan penumpang lainnya.

"Gunakan kesempatan berinteraksi, berkenalan, berinteraksi untuk persaudaraan. Gadget tentu baik, jangan sampai (gadget) mendekatkan yang jauh lalu menjauhkan yang dekat," kata Anies di lokasi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berpesan agar para orang tua memperkenalkan keindahan alam Indonesia kepada anak, selama perjalanan mudik. Anies ingin anak-anak memiliki pengalaman yang berkesan dan selalu diingat saat kembali ke Ibukota.

"Ajak anak-anak untuk melihat pemandangan di luar, dikenalkan tentang Indonesia, tentang tanah airnya. Jangan waktunya dihabiskan sekadar untuk membuka gawai, karena kita ingin pulang mudik sebagai pengalaman yang mengesankan bagi semuanya," jelasnya.

  (mdk/bim)

Baca juga:
Siapkan Rp 400.000 per Peserta, Mudik Gratis BUMN 2019 Telan Biaya Rp 100 Miliar
Menteri Rini Lepas 250.474 Pemudik, Mudik Bareng BUMN 2019 Cetak 2 Rekor MURI
Gelar Mudik Gratis, Sido Muncul Kirim 12.000 Pedagang Jamu Hingga ART Pulang Kampung
Anies Minta Perjalanan Mudik Tak Diisi Penuh dengan Main Gadget
Menteri Rini Lepas 26.018 Peserta Mudik Gratis BUMN 2019 di GBK
Sido Muncul Gelar Mudik Gratis 2019, Berangkatkan 12.000 Orang
Mudik Gratis, Pemprov DKI Sediakan Layanan Angkut Motor Bagi Pemudik