5 Hobi ini bisa jadi peluang bisnis tanpa modal

UANG | 30 Maret 2016 08:04 Reporter : Saugy Riyandi

Merdeka.com - Banyak peluang bisnis yang bisa meraup untung. Contohnya, para anak muda yang lebih melirik menjadi pengusaha ketimbang pegawai kantoran.

Akan tetapi, banyak anak muda yang masih bingung memulai jenis usaha yang tepat dijalankan sebagai pemula. Untuk para pebisnis pemula, bisa memulai dengan bisnis sambil menyalurkan hobi.

Banyak hobi anak muda yang bisa dijadikan usaha. Misalnya, anak muda yang suka masak, bisa membuat usaha kuliner kecil-kecilan di lingkungan rumah.

Tak hanya itu, membangun usaha dari hobi juga tak memerlukan modal yang besar. Sehingga, kendala dalam membangun bisnis seperti modal dapat teratasi. Memang diakui, modal jadi kendala serius dalam membangun usaha.

Berikut lima hobi yang bisa jadi usaha kecil-kecilan seperti dilansir hipwee.com:

1 dari 5 halaman

Jual beli online

Online Shop. ©2014 Merdeka.com/frugallivingforlife.com

Bisnis e-commerce atau jual beli online saat ini sudah merajalela. Banyak website online yang bisa menjadi pilihan untuk memasarkan produk jualan.

Barang-barang seperti pakaian, hijab, topi, sepatu, casing ponsel, bahkan makanan dan minuman pun bisa. Tinggal memanfaatkan fitur yang tersedia pada website online dan media sosial agar produk-produk buatan sendiri semakin berkembang.

2 dari 5 halaman

Jadi reseller

ilustrasi marketing. shutterstock.com

Sebagai pemula, memang belum memiliki banyak pengalaman untuk berbisnis. Untuk itu, mencoba menjadi reseller dulu tidak ada salahnya. Meskipun produk yang dijual adalah produk orang lain, justru ilmu pemasaran dan lainnya bakal didapatkan.

Misalnya saja menjadi reseller kosmetik dari suatu merek, maka bisa tahu jenis produk kosmetik yang lagi digemari dan diinginkan oleh konsumen. Kalau memasarkan kosmetik lipstik, ternyata jenis lipstik yang dijual itu sudah pasaran. 

Dari ucapan mereka, bisa tahu kalau saat ini lagi tren lipstik matte yang berwarna agak nude gitu. Dengan demikian, menjadi reseller membuat lebih dekat ke mereka dan jadi lebih paham yang diinginkan konsumen sebenarnya.

3 dari 5 halaman

Bisnis kuliner

Ilustrasi bekal makanan. ©Shutterstock/Jill Chen

Mungkin para pebisnis pemula sangat getol untuk langsung mempunyai bisnis dengan skala besar. Sayangnya, sebagai pemula modal yang dimiliki masih kurang mencukupi.

Apalagi, dananya masih segitu-gitu saja untuk memulainya. Untuk itu, mulailah dari yang kecil dulu dan lihat konsumennya. Selain itu, mulai dari hal yang disukai itu justru cara amannya.

Misalnya, kalau memang hobi memasak dan paling gemar membuat kue kering. Bisa dicoba membawa hasil kue kering ke teman-teman untuk dicicipi. Kalau respon mereka bagus, pemasaran dari mulut ke mulut bisa berjalan dengan baik.

Apalagi kalau berani mengembangkannya di dunia maya, dijamin pasti semakin meluas pelanggan. Kalau bisnis sudah meluas, maka butuh tenaga lain untuk menyelesaikan pesanan kue kering.

4 dari 5 halaman

Bisnis laundry

laundri. shutterstock

Usaha laundry memang susah-susah gampang. Karena tinggal menyediakan mesin cuci, setrika, dan jemuran saja sebagai peralatan utamanya. Namun, ketelitian dan kerapihan saat menyetrika dan melipat pakaian juga diperlukan.

Jangan sampai salah memberikan pakaian ke pelanggan karena mereka bisa saja langsung kecewa. Selain itu, para pemula ini juga harus benar-benar memikirkan limbah deterjen yang nantinya akan dihasilkan.

Bisnis laundry paling ampuh kalau membukanya di sekitar kos-kosan dan kontrakan.

5 dari 5 halaman

Fotografi

Fotografi. © Graphicdesignjunction.com/Jean Fan/J Fotography

Punya studi foto memang membutuhkan modal yang cukup besar. Peralatannya yang menguras isi kantong membuat berpikir dua kali untuk mewujudkannya.

Untuk itu, bisa memulainya dengan menjadi fotografer kecil-kecilan dulu. Misalnya, membuka jasa fotografi untuk prewedding atau buku tahunan sekolah. 

Lumayan penghasilannya dan pemasarannya dari langkah seperti ini. (mdk/sau)

Baca juga:
Tips bekerja dengan atasan yang lebih muda
Jangan kaget, ini 5 tips super cepat mencapai kesuksesan karir
7 Tips lejitkan gaji dari pegawai sukses raup kenaikan Rp 394 juta
5 Kebiasaan sehari-hari penanda Anda calon orang sukses
Tiga tips untuk karyawan baru agar betah di kantor

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.