5 Keuntungan Saat Anda Mulai Investasi Sejak Dini

UANG | 13 Maret 2019 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Investasi dilakukan dengan harapan mendatangkan sejumlah keuntungan. Asalkan, tahapannya dilakukan dengan benar. Anda yang mau mendapatkan keuntungan itu bisa memulainya sejak dini, ya!

Daripada menghabiskan uang dan gaji untuk hidup berfoya-foya, lebih baik disimpan untuk dapat keuntungan ke depannya.

Menurut Director of Business Development Manulife, Putut Endro Andanawarih, investasi sangat penting bagi siapa saja, dan perlu dipersiapkan sejak dini. Hasil investasi memang tidak bisa langsung dirasakan tapi akan sangat berguna untuk masa depan.

"Kapan mulai investasi itu ya sekarang. Ini harus disadari siapkan investasi untuk masa depan mulainya dari sekarang. Sisihkan uang kita sedini mungkin, kalau nanti-nanti bakal hilang," ujarnya.

Apa saja keuntungan yang bisa Anda dapat dari memulai investasi sejak dini? Ini dia ulasan dari Swara Tunaiku!

Reporter: Fitriana Monica Sari
Sumber: Liputan6

1 dari 5 halaman

Belajar Perencanaan Jangka Panjang

investasi. shutterstock

Salah satu keuntungan yang bisa Anda dapat dengan investasi sejak dini adalah bisa belajar perencanaan jangka panjang. Ingat, investasi bukanlah tabungan jangka pendek semata. Butuh perencanaan perekonomian yang matang sehingga menghasilkan keuntungan di masa depannya.

Bila mau belajar investasi sejak dini, Anda bisa berlatih perencanaan keuangan sejak dini juga. Jadi, bila nanti Anda sudah memiliki anak dan dia juga mulai beranjak dewasa, Anda tak akan bingung dengan yang namanya masalah keuangan. Sebab, Anda punya hal yang bisa dipanen.

2 dari 5 halaman

Merintis Bisnis Sejak Dini

investasi. shutterstock

Ketahuilah, berinvestasi itu bisa diibaratkan seperti sedang berbisnis. Apa yang Anda dapat dari investasi itu bisa dikatakan sebagai keuntungan dari bisnis yang Anda kelola selama ini. Apalagi, bila investasi yang Anda jalankan sekarang ini berbentuk saham.

Dengan strategi bisnis yang benar dalam berinvestasi, Anda tentunya juga bisa mengelola usaha dengan benar. Nah, jika hal ini terjadi, Anda bisa sekalian belajar merintis bisnis dari muda.

3 dari 5 halaman

Uang Bekerja Untukmu

idr rupiah. shutterstock

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, investasi bisa melatihmu untuk bisa merencanakan masalah keuangan jangka panjang. Hal ini juga termasuk dalam bisnis usaha. Dengan menanamkan modal, Anda sama saja dengan sudah memulai bisnis. Sebagai contoh, Anda mulai berinvestasi emas.

Setiap tahunnya, tentu harga emas akan naik mengikuti skema pasar yang ada. Bila sudah begini, Anda tak perlu repot melakukan hal ini dan itu. Cukup dengan menyimpan emas saja, nanti jumlah dana yang akan Anda dapat terus bertambah. Itu baru emas. Bagaimana bila investasimu adalah tanah dan bangunan? Jelas keuntungan yang bisa didapat lebih besar.

4 dari 5 halaman

Muda Foya-Foya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga

idr rupiah. shutterstock

Muda-mudi sekarang ini sering sekali melempar guyon bahwa muda adalah masa foya-foya, tua kaya raya, dan akhirnya mati masuk surga. Apa guyonan ini benar? Bisa saja bila Anda mulai berinvestasi sejak dini.

Jika Anda berinvestasi sejak dini meskipun dalam jumlah yang tak besar dan Anda tetap bisa memenuhi gaya hidup mewah, besar kemungkinan Anda bisa kaya ketika tua nanti. Namun, tentunya Anda harus bekerja keras agar penghasilanmu terus bertambah.

5 dari 5 halaman

Punya Penghasilan di Hari Tua

Ilustrasi pensiunan. ©2012 Shutterstock/wavebreakmedia ltd

Tentu saja, keuntungan yang satu ini adalah yang paling mungkin terwujud ketika Anda memulai investasi sejak usia dini. Anda bisa memiliki penghasilan di hari tua tanpa harus bekerja keras lagi. Namun, tentunya Anda harus memulai semua itu dari sekarang.

Semakin cepat Anda memulai investasimu, hasil yang akan Anda dapat juga lebih menjanjikan. Selain itu, jangan lupa untuk disiplin dan atur keuangan sebaik mungkin sejak dini. Dengan begitu, Anda bisa punya penghasilan lancar di hari tua.

Itulah berbagai keuntungan yang bisa Anda dapat bila mulai berinvestasi di usia tua. Jadi, tak ada salah sama sekali bila memulai sejak dini, kan? Malah, banyak keuntungan yang bisa Anda dapat.

  (mdk/bim)

Baca juga:
5 Tips Jitu Jalankan Bisnis Kontrakan Agar Tak Rugi
Tips Investor Millenial Raup Cuan di Pasar Modal Tahun ini
Ini Aset Terpenting Menurut Miliuner Bill Gates
Miliki 9 Mata Uang Asing Ini Sebagai Instrumen Investasi Peraup Untung Besar
Tips investasi properti dari pria Surabaya yang berpengaruh di Australia
5 Kewajiban dan larangan saat menjalankan bisnis dengan keluarga atau teman
Tips investasi di tengah pelemahan nilai tukar Rupiah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.