5 Komoditas Ekspor Indonesia Tak Disangka Dicintai Masyarakat Dunia

5 Komoditas Ekspor Indonesia Tak Disangka Dicintai Masyarakat Dunia
UANG | 1 Desember 2020 08:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Perdagangan ekspor Indonesia tengah menjadi sorotan. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo tengah tersandung kasus korupsi ekspor benih lobster.

Terlepas dari beragam kasus yang melibatkan prosesnya, perdagangan Indonesia dengan dunia bisa dibilang menarik. Tercatat banyak komoditas unik yang tak disangka bisa laku di negara lain.

Salah satunya lidi. Sumatera Utara menjadi daerah yang menyumbang ekspor lidi dalam jumlah besar. Tujuannya ialah India.

Tak tanggung-tanggung, lidi dari Sumut ini menembus pasar ekspor ke India dengan tahap awal sebanyak 50 ton senilai USD 23.250. Eksportir lidi itu, Rianto Aritonang, yang merupakan pengusaha CV Karya Harapan Kita mengatakan, selanjutnya ekspor yang akan dikirim adalah lidi kelapa, lidi nipah dan lidi sawit. Masing-masing kontrak ekspornya sebanyak 50 ton dan 75 ton.

"Kontrak ke depan senilai USD 51.750. Untuk sementara, ekspornya masih ke India dan selanjutnya ke Pakistan dan Nepal," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Lalu apa lagi komoditas ekspor unik Indonesia yang terpantau sejauh ini? Berikut rangkuman merdeka.com.

Baca Selanjutnya: Kulit Reptil...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami