5 orang ini ragukan Hatta Rajasa jadi Plt Menkeu
UANG | 21 April 2013 07:30 Reporter : Sri Wiyanti

Merdeka.com - Setelah memberhentikan Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) mengangkat Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Keuangan. Keputusan itu dilakukan mengingat posisi Menkeu yang kosong ditinggalkan Agus usai terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia menggantikan Darmin Nasution.

"Terkait dengan pemberhentian Agus Martowardojo sebagai Menteri Keuangan itu, maka untuk kelancaran pelaksanaan tugas sehari-hari di lingkungan Kementerian Keuangan, Presiden SBY menugaskan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa untuk melaksanakan tugas sebagai Menteri Keuangan," tulis situs setkab.go.id.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menuturkan, diangkatnya Hatta sebagai Plt Menkeu dengan pertimbangan ada beberapa tugas Kementerian yang harus diselesaikan.

"Tentu kan mengingat bahwa tugas menteri keuangan dalam berdasarkan tugas dan kewajibannya perlu dilaksanakan dengan baik, meski ada posisi wakil menteri, presiden memandang perlu menunjuk seseorang sebagai Plt Menkeu," kata Julian kepada merdeka.com.

Julian juga belum bisa memastikan sampai kapan Hatta rangkap jabatan sebagai Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan.

Atas keputusan presiden ini, beberapa kalangan memberikan penolakannya. Hatta dinilai tidak tepat menjadi Plt Menkeu. Sebaiknya Presiden SBY segera menunjuk Menkeu definitif.

Posisi Menkeu yang vital membutuhkan seseorang yang fokus untuk mengemban tugasnya. Bukan seorang yang merangkap jabatan. Berikut tokoh yang memberikan penolakannya.

1 dari 5 halaman