Advertorial

5 Pilihan Penghasilan Tambahan yang Bisa Bikin Cerah Masa Depan

UANG | 27 Mei 2019 00:01 Reporter : Iwan Tantomi

Merdeka.com - Besarnya kebutuhan akan selalu beriringan dengan semakin banyaknya anggota keluarga. Apalagi sejalan dengan berlalunya waktu, kenaikan beberapa harga barang relatif terjadi. Jika tidak diimbangi dengan rencana keuangan yang matang, bisa-bisa kondisi perekonomian keluarga dapat terganggu.

Hal inilah yang membuat beberapa orang pada akhirnya memutuskan untuk mencari penghasilan tambahan. Terlebih jika ditekuni dengan baik, tak menutup kemungkinan penghasilan tambahan yang diperoleh bisa lebih besar dari penghasilan utama. Hasilnya pun tak sekadar bisa membuat perekonomian keluarga lebih stabil di masa sekarang, tetapi juga dapat menambah jumlah tabungan untuk jaminan hidup di masa depan.

Menariknya, tanpa perlu menganggu pekerjaan utama, berikut ini pilihan pekerjaan sampingan yang bisa dicoba untuk bikin masa depan lebih cerah.

Ikutan Tren Jadi YouTuber

(c) Shutterstock

Selain bisa menikmati beragam tayangan video, YouTube juga bisa diandalkan untuk mendulang penghasilan tambahan. Caranya, tentu saja dengan ikutan tren menjadi content creator di YouTube alias YouTuber. Apalagi ada banyak tema konten yang bisa dipilih, bahkan bisa disesuaikan dengan hobi, seperti otomotif, koleksi barang antik, kuliner hingga traveling. Pastikan konten tersebut unik, agar mudah viral. Lewat fitur AdSense, YouTube akan memasang iklan ke konten yang viral tersebut, sehingga YouTuber bisa memperoleh pendapatan.

Punya Kemampuan Bilingual? Jadi Translator

(c) Shutterstock

Sebagian orang mampu berkomunikasi menggunakan dua bahasa atau bahkan lebih. Menariknya, bakat dan kemampuan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendulang penghasilan tambahan dengan menjadi translator. Apalagi profesi penerjemah ini belakangan juga sangat dibutuhkan. Bukan hanya translator naskah, tetapi juga menjadi penerjemah resmi, seperti interpreter.

Menjadi Teman Treasury

(c) Treasury

Menjadi Teman Treasury bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah lho. Teman Treasury adalah promo terbaru dari platform beli-jual-cetak Emas Treasury yang sedang populer. Untuk menjadi Teman Treasury, caranya cukup membuat akun TREASURY lalu mendaftar di fitur Teman Treasury ada di aplikasi dan bagikan kode referral milik kamu ke sahabat dan kawan. Sebagai Teman Treasury, kamu juga akan mendapatkan poin dari setiap pembelian Emas yang kamu dan sahabat kamu lakukan mulai dari Rp20.000,- (berlaku kelipatan). Serta kesempatan mendapatkan Emas Gratis sebesar Setengah Kilogram.

Aplikasi Treasury bisa diunduh dengan mudah di App Store maupun Google Play Store. Tunggu apalagi, dapatkan penghasilan tambahan sekaligus membangun masa depan yang cerah dari sekarang bersama Treasury. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Untuk menjamin keamanan transaksinya, Treasury bermitra dengan UBS (Untung Bersama Sejahtera) sebagai penyedia emas dengan sertifikasi ISO, serta Lembaga Kliring untuk menjamin keamanan konsumen dalam setiap transaksi. Treasury sudah terdaftar di AFTECH (Asosiasi Fintech Indonesia) yang merupakan syarat untuk melakukan pencatatkan diri di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Menjadi Content Writer

(c) Shutterstock

Penghasilan tambahan lainnya, juga bisa didapatkan dengan menjadi content writer. Ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa penulis konten. Dengan menjadi penulis lepas, penghasilan tambahan pun bisa diperoleh di sela-sela kesibukan di rumah maupun menjalankan pekerjaan utama. Tinggal temukan penawaran yang sesuai kemampuan, dengan begitu konten yang ditulis bisa cocok dengan keinginan klien.

Buka Jasa Bikin Web

(c) Shutterstock

Konten yang ditulis tak akan bisa dibaca oleh banyak orang, tanpa adanya media seperti website. Melihat peluang inilah, beberapa programmer akhirnya membuka jasa bikin web. Profesi ini pun kian menggiurkan, karena bisa dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama. Karena order web biasanya perlu waktu lama, sehingga bisa dikerjakan pelan-pelan, tetapi dengan penghasilan yang relatif besar.

Itulah beberapa pilihan penghasilan tambahan yang bikin cerah masa depan. Tinggal sekarang mantapkan hati, agar lebih siap mulai mencari penghasilan tambahan. Semoga berhasil!

(mdk/tmi)

TOPIK TERKAIT