5 Strategi Pemerintah Atasi Sepinya Bandara Kertajati

UANG | 19 Juni 2019 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Akhir 2018, Direktur Utama Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas Eka Putra, sempat mengungkapkan bahwa jumlah penumpang yang berangkat melalui Bandara Kertajati tercatat baru sekitar 25.000 penumpang. Angka ini masih jauh dari target yang dicanangkan sebesar 2,7 juta penumpang sejak beroperasi pada Mei 2018 lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui, saat ini Bandara Kertajati belum maksimal karena belum banyaknya penerbangan dan penumpang yang terbang melalui bandara tersebut. Namun dia meyakini, bandara di wilayah Jawa Barat itu akan ramai dalam 5 tahun mendatang.

"Bandara ini lima tahun mendatang apabila semua berjalan baik, Kertajati menjadi satu bandara yang ramai dan menguntungkan," kata Menteri Budi.

Salah satu cara pemerintah untuk meramaikan Kertajati dengan menghubungkan bandara ini dengan jalur kereta api. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih mudah mengakses bandara ini.

"Selain itu kita akan buat pusat umroh dan haji di Jawa Barat di bandara ini dan juga bandara ini jadi pusat logistik. Jadi menguntungkan," tandasnya.

Selain itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan pemerintah provinsi Jawa Barat akan mengambil alih pembangunan tol Cisumdawu. "Rencana tol ini mungkin harus kita ambil alih karena investor yang sekarang belum maksimal ya, karena tanpa ada koneksi tolnya (ke bandara) agak repot kesana," kata dia.

"Jadi kan sahamnya sekarang oleh swasta tapi kan tidak dibangun-bangun kalau ternyata wanprestasi ya sudah pakai APBN saja," ujarnya.

Strategi di atas baru sebagian dari banyak cara pemerintah untuk menghidupkan Bandara Kertajati. Berikut merdeka.com akan merangkum strategi lain yang disiapkan pemerintah.

1 dari 5 halaman

Gratiskan Biaya Mendarat dan Parkir Pesawat

Untuk menarik maskapai baru, BIJB akan membebaskan biaya mendarat serta parkir pesawat. "Pertama kami memberikan kebijakan insentif kepada maskapai dengan tidak memberikan landing fee, parking fee," kata Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, mengatakan diskon khusus bagi maskapai menjadi jalan awal untuk mengoptimalisasikan aktivitas di bandara tersebut. Sambil menunggu fasilitas bandara seperti akses jalan tol, yakni jalan tol Cisumdawu yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2020 nanti.

2 dari 5 halaman

Diskon Sewa Tempat Usaha

Selain membebaskan biaya mendarat dan parkir pesawat, Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo mengatakan BIJB memberikan potongan harga untuk menyewa tempat usaha di Bandara Kertajati, untuk meningkatkan jumlah penyewa gerai.

Pihaknya juga mengurangi jumlah bagi hasil (revenue sharing) dengan para calon penyewa gerai.

3 dari 5 halaman

Genjot Promosi Bersama Pemangku Kepentingan dan Milenial

Direktur Operasi dan Pengembangan Strategi Bisnis BIJB Agus Sugeng Widodo juga menyampaikan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang bekerja di sektor perjalanan pariwisata seperti ASITA dan PHRI untuk semakin meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan BIJB Kertajati.

"Kami pun bekerja sama dengan pemerintah kota setempat dan bertemu dengan kepala daerahnya dan dinas pariwisata untuk menyampaikan bahwa bandara ini sangat mendukung pertumbuhan ekonomi di Ciayu Majakuning (Cirebon Indramayu Majalengka Kuningan)," jelas Agus.

Menhub Budi juga mengajak para generasi milenial untuk mensosialisasikan melalui akun media sosialnya masing-masing. "Dan saya ingin sekali adik-adik melakukan hastag. Hastag BIJB kalau ada kita sosialisaaikan terus hastagnya #bijbmelesat. Saya minta selain ini semua tolong disupoort dari Pemerintah Daerah (Pemda) semua," jelasnya.

4 dari 5 halaman

PNS Jawa Barat Didorong Berpergian Lewat Kertajati

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengimbau para aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) dan tokoh masyarakat di Jawa Barat, untuk melakukan aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. Himbauan tersebut menyusul rendahnya tingkat keterisian penumpang di bandara tersebut.

"Oleh karena itu, kita kemarin kan terus terang saja kekurangan sosialisasi, bahwa penerbangan yang ada disitu itu kurang terinformasikan secara masif di lapangan," kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.

"Makanya kami lakukan langkah-langkah lanjutan, pertama menghimbau pada para ASN, kemudian yang kedua juga para tokoh masyarakat sekaligus lakukan langkah sosialisasi, kayak fun bike yah," lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Jemaah Haji Jawa Barat Diterbangkan Lewat Kertajati

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa memastikan jemaah haji dari lima Kabupaten/Kota berangkat via Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka. Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar pun sudah menentukan asrama haji untuk sekitar 6.705 jamaah.

Kelima Kabupaten/Kota tersebut meliputi Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Jumlah itu kemungkinan besar bertambah, mengingat Kabupaten Sumedang tertarik untuk memberangkatkan jemaah haji via BIJB Kertajati.

Soal asmara haji, Iwa Karniwa mengaku sudah berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jabar saat menentukan satu hotel di Kota Cirebon. Hotel tersebut dipilih karena mempunyai fasilitas yang lengkap untuk menunjang embarkasi haji.

"Asrama sudah di survei oleh beliau (pihak Kanwil Kemenag Jabar) satu tahun sebelumnya, dan hasil kesimpulan oleh Kementerian Agama itu di hotel, karena kelengkapannya sudah memadai," ujarnya.

"Jadi, untuk keberangkatan haji tahun ini Jawa Barat ada dua tempat, yang pertama di Bekasi, yang kedua di Kertajati," lanjutnya.

Hotel yang sudah ditetapkan Pemdaprov Jabar memiliki 62 kamar dengan 456 tempat tidur, kamar mandi, AC, dan kapasitas parkir yang luas. Selain itu, jarak hotel ke BIJB pun tergolong cukup, yakni 4 Km menuju pintu tol dan 63 Km menuju BIJB dengan waktu tempuh 1 jam 10 menit.

  (mdk/bim)

Baca juga:
AirAsia Harap Pemindahan Penerbangan ke Kertajati Bikin Okupansi Penumpang Naik
Pemindahan Penerbangan Pesawat Jet ke Bandara Kertajati Paling Lambat 1 Juli 2019
Lion Air Siap Pindahkan 10 Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati
Begini Putusan Pembagian Rute Penerbangan Bandara Kertajati dan Husein Sastranegara
Menhub Sebut Bandara Kertajati Jadi Alat Pencipta Kekuatan Ekonomi Baru Utara Jabar
AP II Sediakan Fasilitas Pemindahan Penerbangan di Bandara Kertajati
Resmi Dipindahkan, Ini Rute Penerbangan di Bandara Kertajati