5 Tips Ampuh Pasti Dapat Tiket Kereta Lebaran 2020

UANG | 15 Februari 2020 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Hiruk pikuk pemesanan tiket kereta Lebaran 2020, saat ini sudah terasa di masyarakat. Tentunya, setelah menunaikan ibadah puasa, merayakan hari raya bersama keluarga di kampung halaman saat Lebaran menjadi hal yang dinanti banyak orang.

Bagi Anda yang ingin pulang ke kampung halaman, Anda harus mempersiapkan kebutuhan secara matang. Mulai dari penentuan jadwal kepergian, sampai barang keperluan yang wajib dibawa.

Hari ini, PT kereta api Indonesia (PT KAI) (Persero), sudah mulai membuka layanan pemesanan tiket kereta Lebaran 2020. Bagi Anda yang ingin segera berburu tiket kereta api, berikut lima tips yang harus Anda perhatikan.

1 dari 5 halaman

1. Sudah Miliki Tanggal Keberangkatan

Sebelum Anda berburu tiket kereta, Anda harus pastikan memiliki keputusan tanggal keberangkatan. Selanjutnya, Anda bisa perkirakan jadwal kepulangan.

Hal itu berguna, agar waktu Anda berkumpul bersama keluarga, tidak bentrok dengan jadwal masuk kerja, atau acara lain yang Anda miliki.

Perhatikan juga jadwal alternatif, agar saat jadwal yang diinginkan sudah habis dipesan orang lain, Anda bisa tetap mudik dan berkumpul bersama keluarga di hari raya.

2 dari 5 halaman

2. Siapkan Data Identitas

Sebelum berburu tiket kereta, langkah berikutnya adalah siapkan data identitas yang diperlukan.

Jangan sampai, saat Anda sudah siap membeli tiket, Anda masih disibukkan dengan keharusan mengumpulkan data-data yang dibutuhkan.

3 dari 5 halaman

3. Pastikan Internet Tidak Lemot

Saat ini, zaman sudah beralih ke digital. Begitu juga pemesanan tiket kereta. Setelah Anda siapkan data diri yang dibutuhkan, Anda harus kembali perhatikan konektivitas internet pada ponsel atau laptop Anda.

Konektivitas internet penting Anda perhatikan, agar pemesanan tiket lancar saat diproses melalui jaringan online.

4 dari 5 halaman

4. Pesan Tiket di Waktu Malam

Perilisan tiket kereta untuk Lebaran, seringkali trafiknya sangat padat. Sehingga banyak kendala yang dirasakan pemburu tiket.

Jika Anda tidak ingin merasakan hal yang sama, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 01.00 WIB dini hari.

Kemudian segera bayar tiket yang Anda pesan. Hal itu karena PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam masa tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, makan tiket yang Anda pesan, akan dijual kembali.

5 dari 5 halaman

5. Jelajah Banyak Platform

Saat Anda ingin memesan tiket kereta, pastikan Anda sudah persiapkan beberapa platform resmi yang menjual tiket kereta api.

Rumornya, setiap platform resmi penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja.

Reporter Magang : Nurul Fajriyah

(mdk/bim)

Baca juga:
Penjualan Tiket Kereta Lebaran 2020 Resmi Dibuka, Berikut Harga dan Ketersediaannya
Siap-Siap, Tiket Kereta Mudik Lebaran 2020 Bisa Dibeli Pekan Ini
Libur Tahun Baru, 23 Persen Tiket Kereta dari Jakarta Masih Ada
Kemenhub Pastikan Tak Ada Kenaikan Harga Tiket Kereta Subsidi
Dampak Listrik Padam, PT KAI Kembalikan 100 Persen Harga Tiket
KAI Akan Kembalikan Tiket Kereta yang Batal Karena Gangguan Listrik
PT KAI Reduksi Tarif untuk Lansia, TNI/Polri hingga Wartawan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.