6 Perusahaan Tertua di Dunia, Berdiri Sejak 578 M dan Berumur Ribuan Tahun

UANG | 11 Desember 2019 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Era tekonologi informasi sekarang ini memunculkan banyak perusahaan baru. Peluang bisnis timbul dengan sendirinya memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin serba instan. Banyaknya perusahaan yang muncul membuat persaingan semakin ketat.

Banyak perusahaan yang baru seumur jagung harus tutup dan terlupakan. Misalnya Compaq, Eastern Airlines, hingga PaineWebber yang kini tidak lagi eksis di ingatan masyarakat. Ini menguatkan pandangan bahwa mempertahankan suatu perusahaan faktanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Di lansir dari laman Worldatlas, untuk dianggap sebagai perusahaan yang bertahan lama, suatu organisasi harus beroperasi selama lebih dari 200 tahun. Bahkan, perusahaan yang berdiri sejak tajim 578 masehi ini masih eksis hingga saat ini.

Berikut 6 Perusahaan Tertua dan Masih Beroperasi Hingga Saat Ini.

1 dari 6 halaman

Kongo Gumi

Kongo Gumi adalah perusahaan yang dikelola secara keluarga selama sekitar 1.400 tahun sejak tahun 578 M. Perusahaan Jepang tertua dalam bidang konstruksi bangunan ini berlokasi di Osaka, Jepang.

Dalam sejarahnya, perusahaan ini di bangun oleh seorang imigran yang ditugaskan oleh Pangeran Shotoku untuk membangun kuil Buddha Shitenn?-ji. Sebelum akhirnya, pada tahun 2006, perusahaan ini harus mengalami likuidasi dan menjadi anak perusahaan dari Takamatsu, Kongo telah mempekerjakan lebih dari 100 orang dan memiliki anggaran tahunan sekitar USD 70 juta.

2 dari 6 halaman

Nishiyama Onsen Keiunkan

Perusahaan hotel sumber air panas di Hayakawa ini menjadi perusahaan tertua kedua yang berada di Jepang, lebih tepatnya terletak di dekat pegunungan Akaishi dan air panasnya didapatkan dari Mata Air Hakuho di dekat perusahaan tersebut.

Didirikan sejak tahun 705 Masehi, hotel ini berisi 37 kamar dan telah di kelola selama lebih dari 1.300 tahun oleh keluarga hingga saat ini.

3 dari 6 halaman

Koman

Perusahaan dalam bidang perhotelan ini didirikan pada tahun 707 Masehi dan telah menjadi perusahaan tertua ketiga di dunia. Pendiri Hotel Koman Gonnokami Hiuke awalnya terinspirasi untuk membuat hotel setelah memimpikan empat dewa. Dia bercerita, dalam mimpinya, para dewa mengatakan kepadanya bahwa ia harus tinggal di lokasi itu untuk melindungi keluarganya selama beberapa generasi.

Dikenal sebagai Hotel Jepang tradisional (Ryokan), hotel ini diisi dengan kamar-kamar beralas tikar tatami.

4 dari 6 halaman

Hoshi Ryokan

Hotel Hoshi merupakan hotel tradisional yang didirikan pada tahun 718 Masehi. Terletak di wilayah Awazu Onse di prefektur Ishikawa di Jepang, Manajemen hotel ini telah bertahan di keluarga yang sama selama 46 generasi.

Perusahaan ini tercatat menjadi perusahaan tertua keempat dan menjadi hotel ketiga tertua di dunia.

5 dari 6 halaman

Genda Shigyo

Genda Shigyo merupakan perusahaan barang kertas seremonial yang telah berdiri sejak tahun 771 Masehi. Pada tahun 794, perusahaan ini pindah ke Kyoto, ibu kota Jepang saat itu.

Perusahaan Genda berfokus di Mizuhiki, kertas warna-warni yang digunakan untuk acara pemakaman atau pernikahan. Saat ini, kantornya berada diantara Istana Kekaisaran Kyoto dan Kastil Nijo.

6 dari 6 halaman

Stiftskeller St. Peter

Menjadi perusahaan tertua keenam di dunia, Stiftskeller St. Peter merupakan restoran tertua di Eropa yang terletak di kota Salzburg di Austria. Perusahaan ini didirikan pada tahun 803 Masehi di dalam biara St. Peter's Archabbey.

Reporter Magang: Nurul Farjriyah (mdk/idr)

Baca juga:
Keluarga Kerajaan India Sewakan Kamar Istana Lewat Airbnb
Mengintip Keindahan City Palace Jaipur yang Berusia Tiga Abad
Penginapan Jepang Pasang Tarif Murah, Asal Tamu Rela Kegiatannya Disiarkan Langsung
Sensasi Unik Makan Sambil Terapi Ikan di Soto Sokro Kembang
Retrorika, Kafe Unik dari Barang Bekas dan Ramah Lingkungan
Pemerintah China Hapus Logo Halal di Restoran Beijing

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.