7 Fakta Belum Banyak Orang Tahu Tentang Bos TikTok, Miliarder Termuda di China

UANG | 15 November 2019 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - CEO TikTok Zhang Yiming menjadi sorotan di daftar orang terkaya China versi Forbes. Dalam usianya yang masih 36 tahun, dia sudah masuk ke jajaran 10 orang terkaya di China.

Kekayaannya tahun ini tercatat sebesar USD 16,2 miliar atau Rp227,8 triliun (USD 1 = Rp14.066). Zhang Yiming juga merupakan sosok termuda di antara 100 orang terkaya di China.

Berkat TikTok, Zhang juga terpilih sebagai 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2019 versi majalah Time. Gaya kepemimpinannya disebut lembut dalam berbicara namun berkharisma dan dia juga dinilai bijaksana meski usianya masih muda.

Apa lagi fakta menarik tentang CEO TikTok? Berikut 7 faktanya seperti dilansir dari South China Morning Post dan Business Insider.

1 dari 7 halaman

1. Arti Sebuah Nama

Zhang Yiming (dalam Bahasa Mandarin: ???) lahir di provinsi Fujian pada bulan April 1983. Orang tuanya merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Nama Zhang Yiming berasal dari peribahasa China yang artinya "mengejutkan semua orang dengan usaha pertama."

2 dari 7 halaman

2. Menikahi Pujaan Hati

Zhang lulus dari Universitas Nankai pada tahun 2015. Dia awalnya mengambil jurusan mikroelektronik sebelum berganti jurusan, yakni teknik software. Insinyur muda itu bertemu caon istrinya di universitas tempat dia menimba ilmu.

Menurut South China Morning Post, pasangan itu diketahui belum memiliki anak. Zhang juga dikenal tertutup terkait kehidupan pribadinya.

3 dari 7 halaman

3. Tak Tahan Kerja di Microsoft

Menurut South China Morning Post, Zhang Yiming sempat bekerja di Microsoft sebelum dia mendirikan ByteDance. Dia merasa tak nyaman dengan pekerjaan di Microsoft yang kaku.

Dia pun sempat bergabung ke startup dan perusahaan lain sampai akhirnya membangun startup-nya sendiri, yakni ByteDance, pada tahun 2012.

4 dari 7 halaman

4. Meluncurkan TikTok

Awalnya, ByteDance mengandalkan aplikasi berita, yakni TouTiao. Aplikasi itu memakai artificial intelligence untuk merekomendasikan berita.

Pada tahun 2016, ByteDance meluncurkan TikTok. Di China, TikTok dikenal sebagai Douyin. Kini, TikTok telah menjadi aplikasi yang sangat populer di Google Play dan App Store.

Menurut infografis Oberlo, pada awal tahun ini ada 33 juta orang yang mendownload TikTok di App Store. 41 persen pengguna TikTok adalah anak muda berumur 16 sampai 24 tahun.

5 dari 7 halaman

5. Pegawai Diminta Membuat TikTok

Zhang Yiming ternyata turut aktif membuat TikTok. Manajemen di kantornya pun juga diminta membuat TikTok.

South China Morning Post menyebut ada semacam kompetisi di internal ByteDance untuk membuat TikTok dengan like terbanyak. Jika kalah, maka orang itu harus push-up.

6 dari 7 halaman

6. Awal Jadi Miliarder

Forbes mencatat Zhang Yiming memiliki 24 persen saham di ByteDance. Dia pertama kali jadi miliarder versi Forbes pada bulan Maret 2018.

Kini, dia sudah menembus 10 besar dan menjadi orang termuda nomor dua di China Rich List versi Forbes. Satu-satunya orang yang lebih muda darinya ada di peringkat 200, yakni seorang CEO perusahaan di sektor uang kripto.

7 dari 7 halaman

7. Siap Meluncurkan Smartphone

South China Morning Post menyebut Zhang Yiming tertarik untuk melakukan ekspansi ke sektor hardware. Sebuah smartphone pun sedang dipersiapkan.

Berdasarkan kabar yang beredar, smartphone ByteDance baru akan muncul ke publik paling cepat pada akhir tahun 2020.

Reporter: Tommy Kurnia Rony

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Setahun, Para Orang Kaya Dunia Kehilangan Total Rp5.440 Triliun
Bos Uang Kripto Dinobatkan jadi Miliuner Termuda di China
Rekor Terbaru, Perusahaan Warren Buffett Timbun Uang Rp1.788 Triliun
Dulu Sopir Traktor, Wanita Ini Kini Sandang Status Miliuner Berharta Rp14 Triliun
5 Orang Terkaya yang Ternyata Tidak Lulus SMA
Tak Mau Uang Diatur Pemerintah, Miliuner Marah & Protes Wacana Pajak Tambahan
Milenial Sangat Berpotensi jadi Generasi Paling Kaya Raya