8 Cara Ini Bisa Hindari Konflik dengan Rekan Kerja

8 Cara Ini Bisa Hindari Konflik dengan Rekan Kerja
Ilustrasi wanita bertengkar di tempat kerja. ©Shutterstock.com/CREATISTA
EKONOMI | 30 Maret 2021 06:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Saat bekerja, tentu saja Anda tidak bisa sendiri. Pagi hari tentu memulai dengan rekan kerja dan bahkan mengakhiri hari pun juga bersama mereka. Teman satu kantor bisa menjadi musuh yang lebih buruk bagi Anda. orang yang sama mungkin juga akan menjadi teman terbaik untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Mereka adalah orang-orang yang tidak bisa Anda tinggalkan. Mereka adalah keluarga yang diberikan karena pekerjaan. Tentu kita akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan rekan kerja daripada dengan keluarga sendiri. Karena itu, penting untuk menghindari konflik agar Anda selalu dikelilingi oleh orang yang baik.

Tetapi memang, konflik di tempat kerja seringkali tidak dapat dihindari. Terkadang beberapa orang adalah magnet untuk konflik. Sejauh ini, ada orang lain yang berhasil menghindari perselisihan dengan rekan kerja selama profesinal melakukan pekerjaannya.

Melansir dari laman magforwoman, berikut beberapa tips untuk menghindari konflik dengan rekan kerja:

1. Tarik napas sepuluh hitungan

Ini adalah metode yang terkenal untuk menenangkan diri sendiri saat marah. Mungkin kesalahan paling mengerikan yang dapat Anda lakukan selama konflik adalah kehilangan akal karena marah dan mengatakan sesuatu yang tidak diharapkan.

Saat merasa kehilangan kesabaran, tarik napas dalam-dalam dan mulailah menghitung sampai sepuluh. Ini akan membantu untuk tetap tenang dan ketika selesai, segala sesuatunya akan terasa jauh lebih dalam kendali Anda.

2. Segera selesaikan masalah

Komentar yang sangat menjijikkan atau lelucon yang melanggar batas sudah cukup untuk memicu amarah dalam diri. Karenanya, jika Anda tidak menyukai sesuatu yang dikatakan rekan kerja, segera beri tahu mereka dengan tenang dan sopan.

Itu adalah hal paling profesional yang harus dilakukan. Jika mengabaikannya, hal-hal kecil ini mungkin akan tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu yang buruk. Oleh karena itu, ketika memiliki masalah, hentikan sejak awal dan selesaikan masalah tersebut terlebih dahulu.

3. Jangan membuat masalah besar

Jika Anda memiliki masalah yang harus diatasi, bicaralah dengan tenang sendiri kepada orang yang bersangkutan. Hal paling tidak profesional yang dilakukan adalah bereaksi berlebihan dan membuat diri tampak seperti anak kecil.

Dengan tenang tanyakan pada diri Anda 'apakah masalah ini benar-benar mengganggu atau apakah saya mengalihkan kemarahan masalah pribadi saya pada seseorang di tempat kerja?' Jika ada masalah yang layak untuk dibicarakan, bersikaplah jelas, damai dan tenang dengan metode yang dipilih untuk menanganinya.

Baca Selanjutnya: 4 Jauhi Gosip Hubungan profesional sangat...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami