80 Mal di Jakarta Bersiap Hadapi New Normal

80 Mal di Jakarta Bersiap Hadapi New Normal
UANG | 27 Mei 2020 09:58 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Ellen Hidayat mengatakan, saat ini sebanyak 80 pusat belanja di DKI Jakarta bersiap menghadapi new normal di tengah pandemi Virus Corona. Sekitar 67 mal akan mulai beroperasi pada 5 Juni 2020 dan 6 mal akan buka pada 8 Juni 2020.

"Saat ini ada 67 pusat belanja yang rencana dibuka pada tgl 5 Juni 2020 sedangkan 6 pusat belanja akan dibuka pada tgl 8 Juni 2020. Sisanya belum melaporkan kepada APPBI," ujar Ellen dalam keterangan resmi, Jakarta, Rabu (27/5).

Pusat belanja melakukan new normal dengan mempersiapkan berbagai keamanan pengunjung dan karyawan serta mengikuti berbagai arahan pemerintah. Beberapa di antaranya adalah menyediakan pengukuran suhu tubuh di berbagai entrance masuknya karyawan dan pengunjung.

"Pengunjung dan karyawan wajib memakai masker, di mana tim security akan mengontrol tentang ketaatan ini. Menyediakan hand sanitizer di beberapa lokasi. Mengontrol tidak adanya pengunjung yang berkumpul di satu tempat, selalu menjaga physical distancing," jelasnya.

Untuk lift dan escalator juga dibatasi agar tetap menjaga jarak satu dengan lainnya. Kemudian, resto dineā€“in juga dibatasi jarak. Bagi foodcourt juga dilakukan pengaturan kursi dengan meja berjarak. Pengelola akan secara rutin meningkatkan pembersihan gedung dan fasilitasnya dengan juga melakukan disinfektan.

"Setiap mall tentunya akan mempunyai tim pengendali Covid-19," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Alasan Pembukaan Mal

Ellen mengatakan, hampir 2 bulan kegiatan bisnis retailer di pusat belanja DKI mati suri. Dampak yang berat dengan penutupan mall karena PSBB menyebabkan semua pengelola pusat belanja dan retailer/ tenant mengalami kesulitan finansial, terutama kesulitan cashflow. Di mana dampak ini juga secara langsung menimpa para karyawan yang tidak bekerja dan sudah tidak mempunyai tabungan lagi untuk bertahan menghidupi keluarganya.

"Dengan dibukanya mal kembali maka akan dapat membantu menggerakkan roda perekonomian nasional dan meningkatkan ketahanan bangsa Indonesia. Di samping dengan terbitnya Surat keputusan dari Menkes, dan dengan rencana berakhirnya PSBB DKI ke 3 yang direncanakan pada tanggal 4 Juni 2020, adanya himbauan dari pemerintah untuk berani dan mulai menghadapi Covid-19," jelasnya.

Pada saat awal buka maka jam buka akan diserahkan kepada para anggota yang lebih tahu marketnya, misalnya saja jam buka 11.00 – 20.00 WIB ataupun lainnya. "Untuk hal ini kami serahkan kepada para pengelola mall sembari dilakukan pemantauan dari hari ke hari," jelasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Penerapan New Normal, Kapolri Sebut Tugas Polisi Mendisiplinkan Warga Bukan Menghukum
Politisi NasDem: Mestinya dari Awal TNI-Polri Dilibatkan Disiplinkan Masyarakat
Terapkan New Normal, Pemerintah Diingatkan Beri Perhatian ke Pesantren
Ini 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota yang Akan Menerapkan New Normal
Ridwan Kamil Sebut saat New Normal, TNI-Polri Bakal Jaga Pasar & Mal
New Normal, Ridwan Kamil Batasi Jumlah Pengunjung di Mal & Restoran

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5