800.000 UMKM Mulai Rambah Digital Lewat Program Bangga Buatan Indonesia

800.000 UMKM Mulai Rambah Digital Lewat Program Bangga Buatan Indonesia
luhut pandjaitan. ©2020 Foto: Tebe/Humas Ekonomi
UANG | 7 Juli 2020 14:55 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Pemerintah mendorong 10 juta usaha mikro kecil menengah (UMKM) bisa terhubung dengan platform digital hingga akhir tahun ini. Salah satunya dengan meluncurkan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) sejak 14 Mei 2020, lalu.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, hingga Selasa (7/7), sebanyak 800.000 pelaku dari target 2 juta UMKM sudah merambah pasar digital lewat program BBI. Sehingga, jika ditambah dengan yang ada saat ini, sudah 8,8 juta lebih pelaku UMKM go digital.

"Online ke UMKM sudah lima minggu mencapai 800.000 lebih. Ini satu langkah sangat bagus," kata Luhut dalam video conference via YouTube Kemenkeu RI, Selasa (7/7).

Menko Luhut menyebut sangat penting bagi UMKM terhubung ke digital di era kenormalan baru ini. Melalui digitalisasi, UMKM dapat mengakses pasar yang lebih besar.

Selain untuk menjangkau pasar yang lebih besar, cara ini membuat pelaku usaha UMKM dalam negeri lebih mudah terhubung dengan akses pembiayaan. "Bukan hanya akses pasar. Digitalisasi juga mempermudah pelaku UMKM akses ke pembiayaan," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Catatan Keuangan Digital Didorong Bisa...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami