8.300 Perusahaan Anggota Kadin Daftar Program Vaksin Gotong Royong

8.300 Perusahaan Anggota Kadin Daftar Program Vaksin Gotong Royong
vaksin covid-19. ©REUTERS/Thomas Peter/File Photo
UANG | 3 Maret 2021 15:28 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Sebanyak 8.300 perusahaan yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program Vaksin Gotong Royong atau vaksin mandiri yang diberikan oleh perusahaan swasta kepada karyawan dan buruh secara gratis.

"Terakhir sudah 8.300, ini sementara kami stop dulu karena kami lagi evaluasi sekarang bersama pemerintah," kata Wakil Ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Shinta Widjaja Kamdani, di Jakarta, dikutip Antara, Rabu (3/3).

Jumlah tersebut terus meningkat dibandingkan pekan lalu yang sebanyak 6.689 perusahaan yang mendaftar untuk berpartisipasi dalam program Vaksin Gotong Royong. Bahkan Shinta menyebut masih terdapat banyak perusahaan lain yang mengantre untuk mendaftar program Vaksin Gotong Royong yang dikoordinasikan melalui Kadin.

Dari 8.300 perusahaan yang berpartisipasi itu akan memberikan vaksin COVID-19 secara gratis kepada sekitar 6,9 juta karyawan atau buruh bersama dengan anggota keluarganya.

Pada pekan lalu Kementerian Kesehatan menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang salah satunya mengatur tentang Program Vaksin Gotong Royong atau vaksin mandiri yang dilakukan oleh perusahaan swasta pada karyawan dan buruh.

Dalam permenkes itu disebutkan bahwa Vaksin Gotong Royong dilakukan oleh pihak swasta tanpa menggunakan vaksin program pemerintah, fasilitas kesehatan, dan tenaga kesehatan milik pemerintah agar tidak mengganggu program vaksinasi nasional. (mdk/azz)

Baca juga:
Vaksinasi Covid-19 Drive Thru di Kemayoran
Pengusaha Siap Bayar Hingga Rp1 Juta Per Orang untuk Vaksin Gotong Royong
Indonesia Sudah Terima 38 Juta Dosis Vaksin Sinovac
Tinjau Vaksinasi Covid-19 Bagi Purnawirawan AU, Wamenkes Ingatkan Tetap Jaga Prokes
Ada Vaksinasi Gotong Royong, Ekonomi RI Kuartal II 2021 Bisa Kembali Positif
Ridwan Kamil Sebut Uji Vaksin Covid-19 Dalam Negeri Masuk Tahap Ketiga

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami