99 Entitas Investasi Ilegal Dibekukan, Mayoritas Perdagangan Berjangka

99 Entitas Investasi Ilegal Dibekukan, Mayoritas Perdagangan Berjangka
UANG | 3 Juli 2020 14:58 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi atau SWI telah membekukan 99 entitas investasi ilegal selama Juni 2020. Sebab kegiatan itu berpotensi merugikan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Ketua SWI, Tongam L Tobing menyatakan, keberadaan kegiatan usaha ilegal tersebut sangat meresahkan masyarakat. Mengingat dalam penawarannya kerap mengiming-imingi calon korban dengan sistem imbal hasil yang terlampau tinggi serta tidak rasional.

"Selain menemukan 105 fintech ilegal, SWI juga telah menghentikan 99 entitas ilegal. Hal ini karena berpotensi merugikan masyarakat di masa ini," katanya dalam video conference via Zoom, Jumat (3/7).

Tongam mengatakan dari 99 entitas yang telah di bekukan mayoritas bergerak di sektor perdagangan berjangka. Rinciannya 87 Perdagangan Berjangka atau forex ilegal, 2 penjualan langsung atau direct selling Ilegal, 3 investasi Cryptocurrency Ilegal, 3 investasi uang serta sisanya tersebar dalam berbagai kegiatan usaha lainnya.

Agar terhindar dari jerat investasi ilegal, masyarakat diimbau untuk lebih mengedepankan cara berpikir rasional. Sekaligus menerapkan empat cara berinvestasi secara aman ala OJK.

Pertama, memastikan adanya izin kegiatan usaha dari otoritas yang berwenang. Kedua, memastikan adanya izin atas produk investasi yang dikeluarkan oleh otoritas.

Baca Selanjutnya: Aktif Cari Informasi...

Halaman

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami