ACC Kembangkan Sistem Verifikasi Face ID

UANG | 12 Maret 2019 11:11 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Perusahaan pembiayaan Astra Credit Companies (ACC) melanjutkan kerja sama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk meningkatkan akurasi data pelanggan ACC.

Kerjasama ini juga untuk menambahkan sistem untuk mengakses data kependudukan dengan Face ID.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan naskah kerj sama antara Chief Executive Officer ACC Siswadi dan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri di head office ACC, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (11/3).

Dengan Penandatangan MOU kerja sama tersebut, ACC menjadi lembaga jasa keuangan grup Astra di bawah pengawasan OJK yang pertama memperpanjang dan memperkuat kerja sama dengan Ditjen Dukcapil.

Pada kerja sama sebelumnya di tahun 2017, ACC mendapat kesempatan mengakses langsung data kependudukan Dukcapil. Ini merupakan bukti manfaat positif data kependudukan yang dikelola Ditjen Dukcapil Kemendagri bagi pengembangan industri jasa keuangan di Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Fasilitasi Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan Kemendagri Gunawan.

Chief Executive Officer ACC Siswadi mengatakan, sebagai perusahaan pembiayaan yang terpercaya, ACC sangat mementingkan akurasi data dalam melakukan proses pembiayaan sehingga sangat terbantu dengan akses langsung ke data Ditjen Dukcapil.

"Kami mengembangkan sistem agar dapat mengakses Face ID sehingga verifikasi data pelanggan semakin akurat. Selain itu kami juga sedang mengembangkan sistem finger print yang diharapkan dapat disandingkan dengan data yang dimiliki Ditjen Dukcapil sebagai bentuk inovasi dan pengembangan kerja sama antara ACC dan Ditjen Dukcapil," tambah Siswadi.

Menurut Siswadi, beragam manfaat akan diperoleh perusahaannya dengan kerja sama ini. Di antaranya akan mempercepat proses kredit dan memperkecil NPL. "Ke depan, nantinya semua customer harus menggunakan e-KTP dalam pengajuan kredit," kata Siswadi.

Dengan kerja sama ini, maka verifikasi untuk pengajuan kredit akan semakin lengkap. ACC hanya akan menerima data berupa e-KTP, terutama di kota-kota besar.

"Namun untuk daerah-daerah terpencil masih kita layani," kata Siswadi.

(mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT