Ada Apa di Samboja, Wilayah yang Jadi Kandidat Ibu Kota Baru

UANG | 23 Agustus 2019 06:40 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Samboja, Kalimantan Timur, disebut-sebut sebagai calon ibu kota Indonesia yang baru. Bahkan desain sementara untuk ibu kota baru sudah dibuat oleh Kementerian PUPR. Perlu diketahui, Samboja merupakan kecamatan paling selatan dengan luas wilayah mencapai 1.045,9 kilometer persegi.

Meski begitu, sampai saat ini Samboja masih masuk dalam radar ibu kota baru selain Bukit Soeharto. Tapi perlu diketahui, Samboja ternyata punya beberapa tempat penting yang perlu diperhitungkan. Berikut tempat-tempat yang harus diketahui di Samboja:

1 dari 3 halaman

Punya Potensi Hasil Bumi

Kecamatan Samboja dikenal sebagai salah satu wilayah penghasil minyak bumi dan gas alam (migas) yang sangat penting di Kutai Kartanegara. Tiga perusahaan migas multinasional yang beroperasi di wilayah ini adalah Total E&P Indonesie, VICO Indonesia dan Chevron (dulu UNOCAL).

Selain itu, Samboja juga memiliki tambang batu bara yang berdekatan dengan Tahura yang dikelola oleh PT Singlurus Pratama. Dikutip dari Antara, di pesisir di Senipah ada objek vital nasional yang saat ini dikelola PT Pertamina Hulu Mahakam, yaitu fasilitas penerima dan pengumpul gas alam dari berbagai lapangan di lepas pantai dan di darat untuk dipompakan ke Bontang.

2 dari 3 halaman

Banyak Wisata Pantai

Selain penghasil minyak bumi dan gas alam, Samboja juga dikenal sebagai wilayah pesisir. Jadi wajar saja jika Anda menemukan pantai-pantai cantik di wilayah ini. Beberapa tempat wisata itu adalah Pantai Tanah Merah, Pantai Tanjung Harapan dan Waduk Samboja.

Karena Kalimantan dikenal memiliki banyak wisata hutan, Samboja juga memiliki wisata-wisata hutan yang menarik, seperti Taman Wisata Hutan Rintis Wartono Kadri, Taman Wisata Lamin Etam Ambors, Wisata Alam Bukit Bangkirai, Wisata Bekantan Sungai Hitam dan yang paling banyak dikenal Taman Hutan Raya Bukit Soeharto.

3 dari 3 halaman

Akses Dekat Balikpapan dan Samarinda

Posisi Samboja dekat dengan Balikpapan dan Samarinda. Apalagi jalurnya saat ini sudah tersedia.

Bahkan saat ini pembangunan proyek tol Balikpapan-Samarinda, yang merupakan tol pertama di Kalimantan, sudah selesai dibangun. Akses tol ini akan memudahkan menuju Samboja.

"Di sini semuanya saya melihat sangat mendukung, kebetulan ini berada di tengah-tengah jalan tol Samarinda-Balikpapan," kata Presiden Jokowi.

(mdk/has)

Baca juga:
Bappenas: Tahun 2020 Baru Tahap Persiapan Pemindahan Ibu Kota
Soal Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur Dinilai Lebih Bonafit
VIDEO: Melihat Samboja, Calon Ibu Kota Negara Gantikan Jakarta
Bos Bappenas soal Lokasi Ibu Kota Baru : Kita Tunggu Saja Pengumuman Presiden
Begini Suasana Samboja, Calon Ibu Kota Negara Pengganti Jakarta
Politisi PKS: Pemindahan Ibu Kota Harus Pertimbangkan Anggaran dan Waktu yang Lama