Ada Diskon Pajak, Penjualan Mobil Meningkat 72,6 Persen di Maret 2021

Ada Diskon Pajak, Penjualan Mobil Meningkat 72,6 Persen di Maret 2021
Pameran mobil IIMS. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki
UANG | 22 April 2021 15:15 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penjualan mobil meningkat sebesar 72,6 persen pada Maret 2021. Peningkatan ini terjadi seiring adanya insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, lonjakan konsumsi mobil pada Maret 2021 sudah memasuki posisi normal sebelum pandemi Covid-19. Di mana sebelumnya, memang penjualan mobil sempat tertekan bahkan anjlok.

"Ini berarti menunjukkan kita menuju situasi normalisasi. Kita harap ini akan terus bertahan," ujarnya dalam konferensi pers APBN Kita, Kamis (22/4).

Pertumbuhan konsumsi mobil mayoritas berasal dari mobil niaga dan mobil penumpang. Artinya, tercipta indikator aktivitas perekonomian dari sisi produksi dengan peningkatan mobil niaga dan sisi konsumsi dari mobil penumpang.

Sementara itu, dari sisi produksi, juga mengalami lonjakan yang besar. Pada Maret 2021, produksi mobil dalam negeri mencapai 101,9 ribu atau naik 121,2 persen dibandingkan dengan produksi pada Februari 2021.

"Dari sisi produksi dengan adanya permintaan melonjak juga menunjukkan respons yang sangat baik artinya stimulus yang diberikan pemerintah melalui fiskal bisa direspons," tuturnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Ada Diskon PPnBM, Penjualan Mobil Baru di 2021 Diproyeksi Capai 830.000 Unit
Diskon Pajak Mobil Timbulkan Masalah Baru, Kenapa?
Menperin: Diskon Pajak Mobil Dorong Peningkatan TKDN
Warga Jatim Dapat Diskon Pajak Kendaraan Selama Ramadan, Ini Syarat dan Ketentuannya
Airlangga Sebut Peningkatan PMI Manufaktur Berkat Diskon Pajak Mobil
Daftar Lengkap Mobil yang Mendapat Pembebasan dan Diskon Pajak

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami