Ada elpiji 3 Kg non-subsidi, Pertamina proyeksi 20 persen pengguna subsidi beralih

UANG | 4 Juli 2018 16:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) hendak mendorong para pemakai gas elpiji 3 kilogram (Kg) subsidi yang dari golongan menengah ke atas untuk beralih menggunakan elpiji 3 kg non-subsidi. Sejauh ini, Pertamina telah mencoba memasok 5.000 paket gas 3 Kg non-subsidi ke Jakarta dan Surabaya.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid, mengatakan banyak warga mampu yang terpaksa memakai gas elpiji 3 Kg subsidi lantaran kurangnya pasokan gas elpiji 3 Kg non-subsidi di pasaran.

"Ini bukan mau ambil pasar, tapi banyak orang mampu demand gas elpiji 3 Kg karena barangnya (gas Elpiji 3 kg non-subsidi) tidak ada," ujar dia di Jakarta, Rabu (4/7).

Perseroan, lanjutnya, memproyeksikan sekitar 10-20 persen pengguna gas elpiji 3 Kg subsidi, khususnya dari warga mampu, bakal beralih ke gas elpiji 3 Kg non-subsidi.

Adapun saat ini pertumbuhan konsumsi gas elpiji 3 Kg subsidi telah naik 5 persen dibanding tahun lalu. Mas'ud memproyeksi, penggunaan gas tersebut akan naik sebesar 0,3 juta metrik ton sampai akhir 2018.

Dia melanjutkan, Pertamina sebelumnya telah menyiapkan penyebaran 5.000 gas elpiji 3 Kg non-subsidi, dengan 3.500 di antaranya untuk di Jakarta dan 1.500 di Surabaya. Selanjutnya, gas tersebut akan didistribusikan ke tempat lainnya seperti di Bali.

"Ini uji coba dulu, tes market, melihat perilaku market, sistem distribusi kita. Sehingga jalan bareng yang melon hijau (elpiji 3 Kg subsidi) dan melon pink (elpiji 3 Kg non-subsidi)," tutur dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pertamina lakukan operasi pasar di 13 kabupaten di Sulsel dan Sulbar
Pertamina tambah pasokan elpiji 11.760 tabung di Jawa Timur
Langkah Pertamina jamin pasokan BBM dan LPG saat arus balik di Jatim
Jaga pasokan Lebaran aman, Pertamina tambah 270.000 tabung elpiji 3 Kg untuk Garut
H+2 Lebaran, pemerintah klaim pasokan BBM hingga elpiji masih aman
Elpiji 3 Kg langka di Jabar sejak menjelang Lebaran 2018
Penuhi kebutuhan masyarakat, Pertamina tambah 192.920 elpiji 3 Kg di Kebumen

(mdk/bim)