Ada Larangan Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Sarankan Masyarakat Berwisata Lokal

Ada Larangan Mudik Lebaran, Sandiaga Uno Sarankan Masyarakat Berwisata Lokal
Sandiaga Uno. ©Istimewa
EKONOMI | 21 April 2021 22:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meminta masyarakat untuk tidak melakukan mudik Lebaran tahun ini. Sebaliknya, Sandiaga menganjurkan masyarakat untuk menggunakan waktu libur Lebaran untuk berkunjung ke lokasi wisata lokal.

"Masyarakat dapat tetap berwisata ke sejumlah destinasi lokal selama libur Lebaran," kata Sandiaga dalam keterangan persnya, Jakarta, Rabu (21/4).

Hanya saja, seluruh masyarakat yang berwisata katanya harus mematuhi kebijakan PPKM skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah. Termasuk, penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin di destinasi wisata.

"Mudik dilarang, kegiatan (masyarakat) pun mengacu kepada PPKM skala mikro, termasuk juga kegiatan masyarakat berwisata lokal," papar Sandiaga Uno.

"Dan ada aglomerasi-aglomerasi yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk dipatuhi," sambung dia.

Sandiaga menjelaskan berdasarkan data, setiap usai masa Liburan, akan ada peningkatan kasus terkonfirmasi positif. Seperti halnya pasca libur Lebaran, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun lalu.

Jumlah peningkatan kasus covid-19 pasca libur lebaran melonjak hingga 94 persen. Sedangkan peningkatan kasus covid-19 pasca libur Nataru mencapai sebesar 70 persen.

"Jadi keputusan pemerintah untuk meniadakan mudik dan secara tegas melarang mudik itu betul-betul dilandasi dari data-data, bahwa kalau ada pergerakan secara masif seperti lebaran dan Nataru mengakibatkan lonjakan yang sangat signifikan dari penularan virus covid-19," papar Sandiaga.

Baca Selanjutnya: Harap Kepatuhan Masyarakat...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami