Ada Pembatasan Kunjungan, Ancol Hanya Terima 17.000 Wisatawan di Akhir Pekan

Ada Pembatasan Kunjungan, Ancol Hanya Terima 17.000 Wisatawan di Akhir Pekan
Ancol. ©2012 Merdeka.com
EKONOMI | 25 Oktober 2021 16:00 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk mulai menerima kunjungan wisatawan anak-anak usia di bawah 12 tahun seiring dengan penurunan level PPKM Provinsi DKI Jakarta menjadi level 2. Hal ini tercantum dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 serta dalam Keputusan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 2 Corona Virus Disease 2019.

Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, Ariyadi Eko Nugroho mengatakan, sepanjang akhir pekan Ancol hanya menerima sebanyak 17.000 pengunjung. Angka tersebut naik dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

"Kalau kenaikan masih belum terlalu besar mba, karena masih di bawah kuota 25 persen yang ditetapkan oleh pemerintah. Untuk data pengunjung pada masa PPKM level 3 di weekend itu berkisar di 10.000an. Pada weekend kemarin itu pengunjung sekitar 15-17.000 an," kata Eko kepada merdeka.com, Jakarta, Senin (25/10).

Eko mengatakan, jumlah pengunjung tersebut sesuai dengan ketentuan pemerintah maksimal sebesar 25 persen. "Namun yang perlu kami tekankan adalah, jumlah ini masih di bawah kuota 25 persen yang ditetapkan oleh pemerintah," katanya.

Unit rekreasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol yang dapat dinikmati antara lain Dunia Fantasi, Ocean Dream Samudra, Allianz Ecopark, Pasar Seni Ancol dan Gondola. Sea World Ancol sudah dapat menerima kunjungan mulai Kamis, 21 Oktober 2021.

Sementara itu, untuk aktivitas berenang di Pantai belum diizinkan serta arena permainan air Atlantis Water Adventure belum beroperasi sampai informasi lebih lanjut. Kebijakan baru ini tentu saja tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Untuk dapat berwisata aman dan nyaman di Taman Impian Jaya Ancol, pengunjung wajib menerapkan memperhatikan ketentuan sebagai berikut:

1. Pengunjung wajib melakukan pembelian tiket secara daring/online melalui www.ancol.com sebelum kunjungan dan menunjukkan kepada petugas saat kedatangan.

2. Wajib install aplikasi PeduliLindungi dan menunjukkan status sudah vaksin yaitu berwarna hijau atau kuning ketika melakukan check-in. Bagi yang berwarna merah atau hitam tidak dapat diizinkan memasuki kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

3. Anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan berkunjung dengan wajib didampingi oleh orang tua yang telah mendapatkan vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

4. Wajib mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau dengan hand sanitizer, serta menjaga jarak dan tidak berkerumun.

5. Ganjil genap kendaraan bermotor roda 4 menuju Ancol tetap diberlakukan pada Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 12.00 - 18.00.

Baca juga:
PPKM Level 2, Tempat Hiburan Anak Kembali Dibuka
Mulai Besok, Ancol Terbuka untuk Anak Di Bawah 12 Tahun
Covid-19 Mereda, Tempat Hiburan di Jakarta Kembali Menggeliat
Antisipasi Kepadatan, Sistem Ganjil Genap Diberlakukan di TMII
Ganjil Genap Berlaku di TMII dan Ancol, Namun Tak Ada Sanksi Tilang
Ancol Kembali Buka Dufan Mulai Selasa 14 September

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami