Ada PSBB di DKI, Warga Miskin Jabodetabek Bakal Terima Sembako 2 Minggu Sekali

Ada PSBB di DKI, Warga Miskin Jabodetabek Bakal Terima Sembako 2 Minggu Sekali
UANG | 8 April 2020 10:53 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-Maruf tengah menyiapkan kebijakan yang mendukung Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Salah satunya adalah pemberian bantuan paket pangan dalam bentuk komoditas.

"Untuk support kebijakan PSBB maka di daerah sekitar Jabodetabek ini lagi disiapkan Kemensos bersama DKI dan disupport Presiden untuk diberikan bantuan paket pangan yang bentuknya komoditas," kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, dalam video conference di Jakarta, Rabu (8/4).

Askolani menjelaskan paket pangan komoditi ini tentunya akan menggunakan basis data pemerintah daerah DKI Jakarta dan Bodetabek. Beberapa komoditas ini akan disiapkan oleh kerjasama konsorsium seperti Pasar Jaya dan lainnya.

"Intinya mereka salurkan komoditas pangan paket beras minyak komoditas lainnya yang bisa 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali ini sifatnya tambahan bagi masyarkat yang dinilai terdampak Covid-19," kata dia.

Sementara, untuk tahap konsorsium dan teknik distribusinya kebijakan ini, masih harus difinalisasi oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Di mana, Kemensos akan gunakan basis data Pemda DKI Jakarta yang memang sebelumnya sudah ada di program pemda.

"Tapi dari pemerintah pusat akan support lebih bantuan sembako ke masyarakat gologan menengah ke bawah yang terdampak covid ini. Mudah-mudahan kebijakan ini dilaunching Kemensos dan pemda dalam waktu dekat untuk bantu program PSBB," tandas dia.

Baca Selanjutnya: PSBB DKI Berlaku 2 Minggu...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami