Agar tak terus rugi, Dahlan minta PTPN gandeng Kimia Farma

Agar tak terus rugi, Dahlan minta PTPN gandeng Kimia Farma
gedung kimia farma. flickr.com
EKONOMI | 11 Februari 2014 09:47 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - Selama puluhan tahun mengembangkan perkebunan Kina, PTPN VIII selalu mengalami kerugian. Agar tidak terus merugi sekaligus bisa tetap mempertahankan Kina supaya tidak punah, Menteri BUMN Dahlan Iskan minta PTPN VIII bekerja sama dengan Kimia Farma.

"Itu tentang Kina salah satunya, Kina legendaris sekali, belajar sekolah bisnis. Perkebunan Kina milik PTPN selama 10 tahun hanya sekali yang tidak rugi, harus ada pengembangan perkebunan kina yang merupakan historical, ini enggak boleh lagi kina punah," ujar Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (11/2).

Dahlan menuturkan, PTPN akan membuat kebun Kina seluas 300 hektar di daerah Bandung Barat. Daerah ini merupakan tempat aslinya ditemukannya Kina.

Melalui kerja sama ini, Kimia Farma akan membeli hasil perkebunan yang dikelola PTPN. Dengan begitu PTPN tidak merugi dan Kina dapat terus dilestarikan.

"Kimia Farma akan menjadi pembelinya, sudah sepakat Kina dikembangkan dan tidak punah. Lebih dari 10 tahun rugi terus, Kina harus lebih baik dari dulu, harus di sistem perkebunan yang modern," jelasnya.

Kina di Afrika dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun, diakui Dahlan, kualitasnya tidak sebagus yang dihasilkan dari Bandung. Untuk itu, kerja sama PTPN VIII dan Kimia Farma diharapkan bisa membuat Kina tidak punah. (mdk/noe)


Dahlan siap pasang badan ketika BUMN diperas politikus
Dahlan tak tahu isu soal BRI-Bank Mandiri caplok BTN
Dahlan mengaku tak tahu kabar Mandiri hendak caplok BTN
Dahlan dukung Merpati terbang menuju Jeddah
Dahlan: Selain tekan impor, jambu citra bakal diekspor pada 2015

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami