AirAsia Harap Pemindahan Penerbangan ke Kertajati Bikin Okupansi Penumpang Naik

UANG | 18 Juni 2019 14:58 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Maskapai AirAsia Indonesia mendukung pemerintah terkait rencana pemindahan penerbangan pesawat jet komersil dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) ke Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). Pemindahan ini diharapkan dapat berdampak langsung pada peningkatan okupansi penumpang.

"Kita berharap okupansi akan tetap sama agar masyarakat menggunakan airport internasional Jawa Baratnya supaya okupansinya tetap tinggi. Atau bahkan supaya lebih tinggi lagi, jadi outputnya utilisasi Kertajati semakin baik dan tinggi lagi," kata Direktur Niaga AirAsia Indonesia Rifai Taberi di Majalengka, Selasa (18/6).

Rifai melanjutkan, AirAsia sendiri hanya melayani satu rute penerbangan di Bandara Husein Sastranegara, yakni Bandung-Denpasar. Setelah dipindah, nantinya rute tersebut akan berubah menjadi Kertajati-Denpasar.

Sementara itu, untuk pemberian insentif, pihaknya mengungkapkan belum mengetahui insentif apa yang akan ditawarkan oleh operator bandara, yakni PT Angkasa Pura II bagi maskapai yang telah memindahkan rutenya ke Bandara Kertajati.

"Oh saya kurang tahu, tapi biasanya kan AP I sudah punya program insentifnya sendiri," kata dia.

Sebelumnya, Lion Air angkat suara terkait rencana pemerintah untuk memindahkan penerbangan pesawat jet komersil dari Bandara Husein Sastranegara Bandung (BDO) ke Bandara Kertajati (BIJB). Pihaknya mengaku akan mengikuti pemerintah selaku regulator.

"Kita kan sebagai maskapai harus patuh, nurut sama regulator. Jadi kita ikut saja," tutur Managing Director Lion Air Group, Daniel Putut, di Majalengka, Jawa Barat, Selasa (18/6).

Putut melanjutkan, setidaknya ada 10 rute yang nantinya akan dipindahkan dari pihak manajemen. Dia pun berharap, hal ini tidak berdampak pada tingkat antusiasme penumpang ke depan.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pemindahan Penerbangan Pesawat Jet ke Bandara Kertajati Paling Lambat 1 Juli 2019
Lion Air Siap Pindahkan 10 Rute Penerbangan ke Bandara Kertajati
Begini Putusan Pembagian Rute Penerbangan Bandara Kertajati dan Husein Sastranegara
Menhub Sebut Bandara Kertajati Jadi Alat Pencipta Kekuatan Ekonomi Baru Utara Jabar
AP II Sediakan Fasilitas Pemindahan Penerbangan di Bandara Kertajati
Resmi Dipindahkan, Ini Rute Penerbangan di Bandara Kertajati

(mdk/azz)