Airlangga Beri Pesan Khusus Kiat Wisata Aman Saat Libur Panjang

Airlangga Beri Pesan Khusus Kiat Wisata Aman Saat Libur Panjang
UANG | 24 Oktober 2020 10:10 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto meminta, agar masyarakat kooperatif untuk menerapkan protokol kesehatan, khususnya 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) untuk mencegah kasus baru positif Corona saat libur panjang.

"Apalagi pekan depan kita akan menghadapi libur panjang. Jangan sampai ada peningkatan jumlah kasus. Untuk itu, 3M adalah hal terpenting yang harus kita lakukan," imbau Airlangga dalam pernyataannya, Sabtu (24/10)

Dia mengatakan, kehadiran vaksin penawar Corona yang sedang diupayakan pemerintah bukan dimaksudkan untuk menggantikan peran dari protokol Kesehatan atau 3M. "Karena proses vaksinasi membutuhkan waktu bertahap," imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta protokol kesehatan tetap harus dijalankan oleh seluruh masyarakat. Sehingga upaya pemerintah untuk memerangi penyebaran virus Corona lebih optimal.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprediksi pergerakan transportasi umum meningkat lebih dari 20 persen pada libur panjang akhir Oktober 2020. Libur panjang kali ini dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Karena liburnya relatif panjang bisa jadi kenaikan itu bisa lebih dari 20 persen," ujarnya dalam Talk Show Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Rabu (21/10).

Menurut Budi, kemungkinan penggunaan transportasi umum terbanyak pada liburan panjang akhir Oktober ini berada di Pulau Jawa. Umumnya, transportasi yang digunakan masyarakat untuk berlibur yakni pesawat, kereta api dan bus.

Guna mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang pada transportasi umum, Budi meminta operator transportasi menambah kapasitas armada. "Sekarang maskapai penerbangan kapasitasnya baru 43 persen juga di kereta api baru 30 persen jadi mereka masih punya spare untuk menambah," ucapnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Survei Kemenhub: Mayoritas Masyarakat Enggan Bepergian saat Libur Panjang
Kemenhub Beberkan Tambahan Perjalanan Kereta Saat Libur Panjang
Kemenhub Prediksi 622.039 Kendaraan Tinggalkan Jakarta di Libur Panjang Akhir Oktober
Ada Libur Panjang, Kemenhub Prediksi Jumlah Penumpang Pesawat Naik 20 Persen
Kemenhub Janji Awasi Ketat Pergerakan Transportasi di Libur Panjang Akhir Oktober
INFOGRAFIS: Tips Aman Liburan di Tengah Pandemi Covid-19

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami