Airlangga Beri Sinyal Subsidi Gaji Rp600.000 Per Bulan Dilanjut di 2021

Airlangga Beri Sinyal Subsidi Gaji Rp600.000 Per Bulan Dilanjut di 2021
UANG | 10 September 2020 11:24 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memberi sinyal subsidi gaji sebesar Rp 600.000 per bulan bagi pekerja di bawah Rp5 juta bakal dilanjutkan kembali di 2021. Menurutnya, hal itu menjadi salah satu pertimbangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Dan berdasarkan hasil rapat kemarin dengan Presiden, ini akan dilanjutkan di 2021 selama 3 bulan, dan mungkin akan kita pertimbangkan 6 bulan kuartal I dan II," kata dia dalam acara diskusi virtual di Jakarta, Kamis (10/9).

Untuk tahun ini saja, pemberian subsidi gaji Rp600.000 per bulan disiapkan untuk 15,7 juta pekerja. Artinya hampir seluruh buruh di sektor industri menerima subsidi gaji dari pemerintah.. Dengan catatan mereka yang memiliki BPJamsostek.

Sebelumnya, Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BP Jamsostek Irvansyah Utoh Banja turut menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi dalam penyaluran program subsidi gaji di 2021. Meski demikian, dia mengaku belum menerima arahan langsung untuk melaksanakan tugas tersebut, dan bakal mengikuti skema yang ditetapkan pemerintah.

"Terkait hal ini, kita kembalikan ke pemerintah selaku pembuat kebijakan. BP Jamsostek sebagai mitra penyedia data siap menyediakan data sesuai skema, mekanisme dan kriteria yang akan ditetapkan pemerintah," ujar Utoh.

Baca Selanjutnya: Lakukan Evaluasi...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami