Airlangga Minta Kemendag Ikut Aktif Dorong Ekonomi Digital

Airlangga Minta Kemendag Ikut Aktif Dorong Ekonomi Digital
Teknologi. ©2013 Merdeka.com
UANG | 4 Maret 2021 14:43 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta Kementerian Perdagangan ikut aktif dalam mendorong ekonomi digital di Tanah Air. Sebab, menurutnya potensi dari ekonomi digital hingga sampai saat ini telah mencapai USD 44 miliar.

"Dan ini salah satu yang bisa mendorong Indonesia meloncat di 2025 yang potensinya USD124 miliiar, termasuk IoT dan industry 4.0, ujungnya semua adalah e-commerce dan ini tidak bisa lepas dari Kemendag," kata dia dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, Kamis (4/3).

Dia melanjutkan, Indonesia punya populasi sebanyak 272 juta penduduk. Dari jumlah tersebut pemegang ponsel mencapai sebanyak 338,2 juta, angka ini hampir 60 persennya itu adalah smartphone. "Jadi kita masih ada tantangan, kalau smartphone digeser maka berpotensi makin besar lagi," kata dia.

Di sisi lain, Mantan Menteri Perindustrian itu juga meminta Kemendag aktif dan terlibat dalam upaya mendorong digitalisasi. Mengingat UMKM menjadi peran penting dalam pertumbuhan ekonomi domestik, termasuk mampu menyarap tenaga kerja yang cukup besar.

"Jumlahnya (UMKM) 64,2 juta, menyerap tenaga kerja yang cukup besar sehingga perlu didorong untuk digitalisasi UMKM," jelas dia. (mdk/azz)

Baca juga:
Menko Luhut Apresiasi Program QRIS Bank Indonesia Dorong Penciptaan Ekosistem Digital
InMobi dan Gojek Bermitra, Incar Korporasi di Asia Tenggara
Fintech Maucash dan Restock Bermitra, Incar Pembiayaan Rp 500 Miliar untuk UMKM
Tren Layanan Digital Bikin Pamor Bank Neo Commerce Melejit
Microsoft Umumkan Bakal Bangun Data Center di Indonesia
Dorong Digitalisasi Pembayaran Parkir, Aspeparindo Harap Skema Bisnis Diubah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami